Sidak : Dipimpin oleh Asisten I Setda Barsel Aslianson dan Waket I DPRD Barsel, tim gabungan pemkab, DPRD, TNI, Polri dan instansi terkait, laksanakan sidak di pasar Kota Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, Jum'at (3/4/2020).

Pastikan Stock Pangan Cukup, Pemkab dan DPRD Barsel Sidak Pasar

Sidak : Dipimpin oleh Asisten I Setda Barsel Aslianson dan Waket I DPRD Barsel H. Moch Yusuf Kalem, tim gabungan pemkab, DPRD, TNI, Polri dan instansi terkait, laksanakan sidak di pasar Kota Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, Jum’at (3/4/2020).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Guna memastikan ketersediaan stock pangan di pasaran kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan mencukupi kebutuhan masyarakat, tim gabungan pemerintah daerah, DPRD, aparat Polres dan Kodim 1012 setempat melakukan sidak pasar, Jum’at (3/4/2020).

Diterangkan oleh Wakil Ketua I DPRD Barsel H. Moch Yusuf Kalem,
giat ini dilakukan menyikapi adanya peningkatan status darurat wabah virus Corona (Covid-19), serta antisipasi terjadinya lonjakan harga pasar jelang memasuki bulan suci Ramadhan.

“Dari hasil kita turun bersama Tim hari ini, stok sembako aman dan harga kebutuhan pokok di wilayah Barsel cenderung stabil,” ungkapnya kepada awak media seusai pelaksanaan sidak.

Dibeberkannya, berdasarkan hasil sidak, harga sembako seperti beras, minyak goreng, telur cenderung masih stabil Hanya harga gula pasir saja yang diketahui naik, karena saat ini rata-rata hampir di setiap pedagang harga jualnya mencapai angka Rp.21.000 per Kg.

Terkait hal itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat khususnya di Kabupaten bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu tidak perlu panik, dan kemudian melakukan aksi-aksi yang bisa menyebabkan terganggunya stabilisasi pasar, sehingga berdampak negatif pada kodusifitas kemanan di daerah.

“Kami imbau kepada seluruhnya (masyarakat), agar jangan panik dan melakukan aksi-aksi yang bisa menimbulkan kegaduhan dan kacaunya stabilitas harga pasar,” imbaunya.

Hal ini ia sampaikan, guna menghindari terjadinya ‘panic buying’. Karena menurut dia, dengan ketersediaan bahan pokok yang masih tergolong aman di pasaran, tidak perlu ada perilaku memborong oleh sebagian orang, agar tidak terjadi kelangkaan barang dan menyebabkan kenaikan harga di pasaran.

“Karena ketersediaan bahan pokok masih aman, jadi tidak perlu ada yang melakukan aksi ‘panic buying’!” tegasnya mengingatkan.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: