UPR Kembali Terpilih Sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana PPM Angkatan 4 Tahun 2024

PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) kembali mengukuhkan diri sebagai salah satu dari 363 Perguruan Tinggi di Indonesia yang dipilih sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Program Praktisi Mengajar (PPM) yang lolos sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana PPM Angkatan 4 Tahun 2024.

PPM adalah program yang yang salah satunya adalah bertujuan agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja.

Program yang diinisasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek ini mendorong kolaborasi aktif antara dosen dengan praktisi ahli dari berbagai perusahaan dan perkantoran agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antara sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Palangka Raya, Dr. Natalina Asi, M.A., berharap mahasiswa dapat lebih siap untuk terjun ke dunia kerja, dan menjadi pemimpin masa depan dalam berbagai pilihan karier sesuai minat dan potensi masing-masing.

“Kolaborasi pada Program PPM Angkatan 4 ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas, baik secara luring maupun secara daring,” katanya.

Dalam program ini lebih lanjut Natalina menyampaikan, mata kuliah dirancang dan dikelola secara bersama atau secara kolaboratif antara dosen dengan praktisi dengan tujuan agar mahasiswa dapat memperoleh pembelajaran holistik yang menghubungkan teori dengan praktik lapangan.

Menurutnya, kolaborasi ini berdampak sangat besar bagi lulusan UPR dalam mempersiapkan dirinya terjun langsung ke Dunia Kerja atau Dunia Industri (DUDI).

“Oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh Dosen Mata Kuliah untuk selalu terlibat aktif dalam program ini dalam rangka mendukung ketercapaian profil lulusan yang telah ditetapkan dan meningkatkan serapan lulusan di Dunia Kerja” bebernya menambahkan.

Dengan demikian, Lebih dalam lagi Natali menjelaskan bahwa UPR siap untuk terus berkontribusi dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.

Untuk diketahui, UPR mendapat kesempatan pada PPM 4 ini dengan 60 Kelas Kolaborasi. Ada 18 Program Studi yang telibat, 7 Fakultas, 48 dosen dan 54 Praktisi.

Fakultas Ekononomi dan Bisnis dengan 2 program studi (Akuntansi dan Manajemen), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan 1 program studi (Sosiologi).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 8 program studi (Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, PAUD, PGSD, PJKR, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pedidikan Sendratasik, dan Pendidikan Teknik Mesin).

Fakultas Kedokteran dengan 1 program studi (Tek. Laboratorium Medis). Fakultas Pertanian dengan 2 program studi (Agroteknologi dan Budidaya Perairan).

Fakultas Teknik dengan 2 program studi (Arsitektur dan Teknik Pertambangan) serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam dengan 2 program studi (Biologi dan Farmasi).

Wakil Rektor Bidang Akademik UPR bersama Koordinator Program Praktisi Mengajar UPR, Dr. Ir. Sri Endang Agustina Rahayuningsih, M.P, menghadiri undangan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam kegiatan Seremoni Penandatanganan Kerjasama Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024 di Kemendikbudristek Jakarta Pusat.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini berlangsung di Ruang Graha Utama Gedung A, Lantai 3 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat.

Pada tanggal 6 Mei 2024 ini merupakan penandatangan hari ke 1 dengan 163 Perguruan Tinggi, Lolosnya UPR sebagai perguruan tinggi pelaksana PPM ini menandakan pengakuan atas dedikasi dan komitmen UPR dalam mendukung pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan dunia kerja.(a2) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: