Rekpro Bintara Polri Tahun 2023 Segera Dibuka, Persyaratan Segera Disosialisasikan Ke Masyarakat

 

FOTO : Kabag SDM Polres Katingan, Kompol Sami’an, saat di ruang kerjanya.

 

BERITAKALTENG.com – KASONGAN – Kepolisian Republik Indonesia segera membuka pendaftaran Bintara tahun 2023. Meski belum ada kepastian tanggal pembukaan pendaftarannya. Bagi calon peserta ada baiknya untuk mempersiapkan sejumlah persyaratan administrasi sejak sekarang.

Seperti yang disampaikan Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, melalui Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Kompol Sami’an, menjelaskan sesuai dengan surat petunjuk dan arahan yang diterima akan dibuka seleksi rekrutmen proaktif (rekpro) Bintara Polri tahun anggaran 2023 diberikan secara selektif dan proposional sesuai kebutuhan organisasi Polri dan tetap memegang prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel dan humanis).

Kompol Sami’an menambahkan yang harus diperhatikan oleh seluruh calon peserta seleksi, ini masih bersifat sementara karena sesuai dengan surat petunjuk dan arahan dari Biro SDM Polda Kalteng bahwa persyaratan masih mengacu pada tahun 2022 dan untuk kepastian persyaratan nantinya akan segera disosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat.

“Rekrutmen dengan kategori tindakan penguatan (affirmative action), penghargaan dan pencarian bakat (talent scouting),” jelas Kabag SDM Polres Katingan Kompol Sami’an, Kamis 8 September 2022.

Menurutnya, gambaran dari kategori tersebut, seperti kategori tindakan penguatan yaitu rekrutmen yang berasal dari pulau-pulau kecil terluar/wilayah perbatasan, suku pedalaman dan pulau terpencil berpenghuni sesuai dengan penetapan keputusan Kapolri.

Untuk kategori penghargaan diberikan kepada anak kandung anggota Polri yang gugur/tewas/hilang/cacat tingkat III dalam tugas, memiliki tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya Prestasi, mendapat pin emas dari Kapolri dan penghargaan dari Presiden.

Penghargaan juga yang didapat bagi anak kandung dari masyarakat yang gugur dalam membantu tugas kepolisian, berperan aktif dalam penyelenggaraan Kamtibmas atau ikut membangun system atau metode yang berpengaruh besar dalam tugas Polri.

Yang terakhir kategori pencarian bakat yakni melalui prestasi akademik seperti juara olimpiade sains tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten bahkan skala Internasional, serta lulusan SMA/MA dengan nilai ujian Nasional peringkat 1 – 10 terbaik tingkat Kabupaten.

Bakat juga bisa melalui non akademik yakni juara 1, 2 dan 3 bidang olahraga tingkat Provinsi, Nasional atau Internasional. Juara 1, 2 dan 3 kejuaraan keagamaan tingkat Provinsi, Nasional atau Internasional, Hafidz Qur’an dan pasukan Paskibraka tingkat Nasional.

“Jika merujuk acuan yang telah ditentukan, bagi masyarkat atau anggota Polri wilayah Katingan yang anaknya masuk dalam kategori tersebut bisa didaftarkan dan akan didatakan mulai bulan September ini hingga pendaftaran nantinya dibuka,” pungkasnya.

(AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: