Nilai Sumatif dan Formatif Tentukan Kelulusan Siswa

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Sekarang ini sejumlah sekolah khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tengah mempersiapkan penilaian sumatif akhir untuk penentuan kelulusan peserta didik ataupun kenaikan kelas ke jenjang berikutnya. Namun ternyata, tidak hanya penilaian sumatif yang sekarang ini dilakukan, tetapi ada juga istilah penilaian formatif yang dilaksanakan sekolah untuk mengambil nilai peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung di sekolah.

“Penilaian sumatif yakni sebuah penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Irfansyah, Minggu 30 April 2023.

Sedangkan penilaian formatif ujarnya, umumnya dilakukan saat proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi berlangsung. Dapat dilakukan di awal maupun sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk penilaian sumatif, dapat dilakukan pada akhir pembelajaran.

“Penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan dengan tujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Sesuai dengan tujuannya, penilaian formatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran,”ungkapnya.

Tambahnya, tujuan dari penilaian formatif adalah mengetahui perkembangan penguasaan siswa terhadap suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari. Berbeda dengan penilaian formatif, penilaian sumatif bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran siswa pada pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang telah berakhir. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: