BeritaKalteng.Com https://beritakalteng.com Bersama Membangun Kalimantan Tengah Mon, 18 Mar 2024 14:14:20 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.4.3 https://i0.wp.com/beritakalteng.com/wp-content/uploads/2021/12/cropped-logo-bk.png?fit=32%2C32&ssl=1 BeritaKalteng.Com https://beritakalteng.com 32 32 78575170 Perawatan Cat Pagar dan Gerbang Depan Sekolah https://beritakalteng.com/2024/03/18/perawatan-cat-pagar-dan-gerbang-depan-sekolah/ https://beritakalteng.com/2024/03/18/perawatan-cat-pagar-dan-gerbang-depan-sekolah/#respond Mon, 18 Mar 2024 14:14:20 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61934

Foto : Paman Sekolah SDN 1 Tamiang Layang Perancis didampingi Kepala Sekolah SDN 1 Tamiang Layang Suket.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Untuk memperindah dan meningkatkan kenyamanan lingkungan sekolah, Paman Sekolah SDN 1 Tamiang Layang Perancis ikut ambil bagian mengecat dinding pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Tamiang Layang.

Perancis menuturkan, untuk pagar sekolah tidak lama lagi akan rampung pengecatannya.

“Sehingga nantinya, tampilan sekolah tambah cantik dan indah, sehingga siswa dan guru ketika memandangi adanya perubahan,” katanya, Senin (18/3/2024) sore.

Dirinya mengemukakan, dengan begitu, bangunan sekolah akan semakin indah, menarik dan cantik dengan bau cat baru sekeliling.

Senanda, Kepala Sekolah SDN 1 Tamiang Layang, Suket SPd menyampaikan, dirinya begitu terkejut sekali, sebab awalnya pagar sekolah sangat kusam.

Dirinya berharap, pekerjaan nantinya selesai tepat waktu, demikian. (ags)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/18/perawatan-cat-pagar-dan-gerbang-depan-sekolah/feed/ 0 61934
DPRD Kalteng Berharap 4 Raperda Inisiatif Segera Disahkan https://beritakalteng.com/2024/03/18/dprd-kalteng-berharap-4-raperda-inisiatif-segera-disahkan/ https://beritakalteng.com/2024/03/18/dprd-kalteng-berharap-4-raperda-inisiatif-segera-disahkan/#respond Mon, 18 Mar 2024 10:02:05 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61931 PALANGKARAYA – DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Paripurna ke – 2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024 Agenda Pidato Pengantar 4 Raperda Inisiatif DPRD Kalteng oleh Bandan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Senin (18/03/2024)

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Provinsi Kalteng H. Wiyatno, didampingi oleh Wakil Ketua Abdul Razak. Hadir pula Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, anggota DPRD Kalteng, dan undangan dari instansi di lingkungan Pemprov Kalteng.

“Rapat Paripurna ke-2 masa persidangan I tahun sidang 2024 secara resmi dibuka. Selanjutnya, kita akan mendengarkan pidato pengantar 4 Raperda inisiatif DPRD Kalteng dari Bapemperda,” ucap Wiyatno di ruang rapat gabungan DPRD Kalteng.

Dalam pidatonya, Juru Bicara Bapemperda DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati, menyampaikan bahwa 4 Raperda inisiatif dewan terkait dengan disabilitas, pemberdayaan petani atau nelayan, pangan, serta penyelesaian konflik pertanahan di Kalteng.

“Terkait ke – 4 Raperda ini sangat penting dalam upaya kita memperkuat perlindungan bagi penyandang disabilitas, pemberdayaan petani atau nelayan, pangan, serta penyelesaian konflik pertanahan,” ungkapnya.

Kuwu berharap, keempat Raperda ini nantinya dapat segera disahkan dan diimplementasikan untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah Kalteng.

Peran aktif semua pihak sangat kita harapkan dalam mendukung proses pembahasan raperda-raperda tersebut, sehingga dapat segera disahkan dan memberikan dampak positif bagi daerah maupun masyarakat.

Wiyatno juga menyampaikan secara umum bahwa keempat Raperda ini telah disampaikan oleh juru bicara dan selanjutnya akan dibahas di sidang paripurna yang akan datang.

“Demikianlah hasil Rapat Paripurna ke-2 masa persidangan I tahun Sidang 2024. Informasi lebih lanjut akan disampaikan pada agenda selanjutnya. Terima kasih atas partisipasinya,” kata Wiyatno sembari menutup jalannya rapat paripurna.(Ngel)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/18/dprd-kalteng-berharap-4-raperda-inisiatif-segera-disahkan/feed/ 0 61931
Satgas PASTI Hentikan Kegitan Usaha BBH Indonesia dan Smart Wallet ? https://beritakalteng.com/2024/03/18/satgas-pasti-hentikan-kegitan-usaha-bbh-indonesia-dan-smart-wallet/ https://beritakalteng.com/2024/03/18/satgas-pasti-hentikan-kegitan-usaha-bbh-indonesia-dan-smart-wallet/#respond Mon, 18 Mar 2024 07:16:37 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61929 JAKARTA – Lantaran terindikasi melakukan aktivitas penipuan dan tidak memiliki izin otoritas terkait. Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas PASTI menghentikan kegiatan usaha Bartle Bogle Hegarty (BBH) Indonesia dan Smart Wallet.

Sekretariat Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal, Hudiyanto dalam press release menyampaikan bahwa Entitas/aplikasi BBH Indonesia yang telah beredar di Indonesia mencatut nama Bartle Bogle Hegarty (BBH) yang merupakan agensi periklanan di Inggris.

“BBH Indonesia menawarkan pekerjaan paruh waktu dengan cara pengunduhan aplikasi yang telah disediakan. BBH Indonesia menjanjikan pendapatan secara harian dan kemudian meminta deposit bagi anggotanya,” kata Hudiyanto, Senin (18/3/2024).

Hudiyanto menambahkan, BBH Indonesia menerapkan sistem member-get-member dan menjanjikan bonus secara berjenjang. BBH Indonesia juga menggunakan figur warga negara asing dalam rapat-rapat yang diadakan untuk dapat meyakinkan para anggotanya.

Setelah dilakukan verifikasi lanjutnya lagi, melakukan rapat koordinasi dengan anggota Satgas, dan melakukan pemanggilan beberapa pimpinan cabang BBH Indonesia.

Satgas PASTI menyimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan BBH Indonesia merupakan aktivitas penipuan dan melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin yang dimilikinya sebagaimana yang dikeluarkan oleh Kementerian Investasi/BKPM.

Satgas PASTI ujarnya lebih dalam lagi, telah melakukan tindakan antara lain pemblokiran akses dan link/URL,  pemblokiran terhadap nomor rekening terkait, dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

“Satgas PASTI juga mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penipuan dengan modus lowongan kerja paruh waktu yang sangat marak akhir-akhir ini,” katanya menambahkan.

Sebagaimana Siaran Pers Satgas PASTI Nomor SP 11/STPASTI/XII/2023 tanggal 30 Desember 2023, Satgas PASTI telah menemukan sedikitnya 12 entitas yang melakukan penawaran kerja paruh waktu dengan sistem deposit.

Smart Wallet Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI.

Smart Wallet dinilai melakukan kegiatan penghimpunan dana berkedok robot trading/expert advisor dengan sistem multi-level marketing dan tidak memiliki perizinan beroperasi di Indonesia.

Terhadap hal tersebut Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI telah melakukan pemblokiran akses dan link/URL dari Smart Wallet, bekerjasama Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Satgas PASTI akan melakukan tindakan antara lain pemblokiran terhadap nomor rekening terkait dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

“Pemberantasan terhadap aktivitas keuangan ilegal sangat membutuhkan dukungan dan peran serta dari masyarakat, berupa sikap kewaspadaan dalam menerima tawaran dari pihak yang tidak bertanggung-jawab,” bebernya.

Pastikan selalu memperhatikan dua aspek penting yaitu Legal dan Logis (2L). Legal artinya memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan tersebut sudah memiliki izin yang tepat dari otoritas/lembaga terkait yang mengawasi. Logis artinya selalu memperhatikan hasil atau keuntungan yang ditawarkan, apakah logis atau tidak.

“Masyarakat yang menemukan informasi atau tawaran investasi dan pinjaman online yang mencurigakan atau diduga ilegal atau memberikan iming-iming imbal hasil/bunga yang tinggi (tidak logis) untuk melaporkannya kepada Kontak OJK ke nomor telepon 157, WA (081157157157), email: konsumen@ojk.go.id atau email: satgaspasti@ojk.go.id,” tutupnya.(a2)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/18/satgas-pasti-hentikan-kegitan-usaha-bbh-indonesia-dan-smart-wallet/feed/ 0 61929
Bandsaw di Desa Batapah Diduga Ilegal https://beritakalteng.com/2024/03/18/bandsaw-di-desa-batapah-diduga-ilegal/ https://beritakalteng.com/2024/03/18/bandsaw-di-desa-batapah-diduga-ilegal/#respond Mon, 18 Mar 2024 06:37:42 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61926
FOTO : Terlihat tumpukan kayu hasil produksi Bansaw di wilayah Desa Betapah, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas yang diduga ilegal, Sabtu (16/3/2024).

BERITAKALTENG.com – Dugaan aktivitas illegal logging atau pembalakan liar di wilayah Desa Batapah, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah hingga kini belum tersentuh hukum.

Guna memastikan dugaan penebangan, pengolahan, penampungan dan transaksi jual beli kayu ilegal tersebut, wartawan bersama seorang warga, Amri Saputra terjun langsung ke lokasi bandsaw skala industri tersebut.

Menurut Amri Saputra, aktivitas pembalakan liar hingga produksi kayu hasil hutan oleh oknum masyarakat itu diduga melanggar hukum.

“Apa mungkin pihak terkait (aparat penegak hukum, Red) tidak mengetahui adanya kegiatan ilegal di wilayahnya ? Saya rasa itu tidak masuk akal, kegiatan di depan mata seperti itu tidak mengetahui,” ujar Amri kepada wartawan, Sabtu (16/3/2024).

Dirinya berharap aparat penegak hukum setempat segera bertindak para oknum pelaku bisnis ilegal logging tersebut.

Pasalnya, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 1999, tentang Kehutanan telah menginstruksikan dengan jelas bahwa perbuatan merambah, menebang, mengolah dan menjual kayu secara ilegal mendapat sangsi pidana kurungan dan denda uang.

Tanpa maksud menuduh, Amri menduga bahwa bandsaw tersebut tidak mengantongi ijin industri pengolahan kayu. Sebab pemilik bandsaw diduga membeli kayu batangan/log dari masyarakat sekitar Desa Betapah yang dapat dipastikan tidak mengantongi perizinan.

“Itu kayu didapat dari warga sekitar saja,” ujarnya, Minggu (17/3/2024).

Dirinya menduga bahwa para pekerja yang menggunakan truk untuk mengangkut kayu bulat terkesan bebas membawa, menebang dan mengolah kayu menjadi ukuran tertentu di wilayah Betapah.

“Saya menduga kayu-kayu olahan dikirim menggunakan dokumen palsu karena tidak jelas ijin pemanfaatan kayu atau ijin lainnya, yang sifatnya sebagai industri pengolahan kayu. Selain itu, para oknum pengusaha bebas beraktivitas melakukan tindakan ilegal secara lancar hingga saat ini,” beber Amri.

Dikonfirmasi terkait dugaan illegal logging tersebut, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah melalui Bidang Polisi Kehutanan, Gandi mengatakan bahwa pihaknya tidak berani memberikan komentar terkait hal tersebut. Sebab belum ada petunjuk dari pimpinan.

“Kami tidak bisa memberikan komentar terkait hal itu, kami tetap menunggu delegasi dari pimpinan kami (Kadishut Kalteng, Red) karena kami ada SOP, dan tidak berani mendahului pimpinan,” ujar Gandi, Senin (17/3/2024).

Berdasarkan pantauan langsung wartawan di salah satu bandsaw wilayah Desa Betapah pada Sabtu (16/3/2024). Memang didapati beberapa pekerja yang sedang mengoperasikan mesin pemotong kayu. Terlihat juga sejumlah kayu batangan hingga tumpukan papan hasil produksi bandsaw tersebut.

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan berusaha mewawancarai berbagai pihak terkait untuk mengkonfirmasi kebenaran dugaan ilegal logging di wilayah Desa Betapah, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas tersebut. (dn/tim)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/18/bandsaw-di-desa-batapah-diduga-ilegal/feed/ 0 61926
Dukung Folu Net Sink 2030 Melalui Perlindungan Hutan dan Lingkungan https://beritakalteng.com/2024/03/18/dukung-folu-net-sink-2030-melalui-perlindungan-hutan-dan-lingkungan/ https://beritakalteng.com/2024/03/18/dukung-folu-net-sink-2030-melalui-perlindungan-hutan-dan-lingkungan/#respond Mon, 18 Mar 2024 06:23:51 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61923 PALANGKARAYA – Serangkaian kegiatan telah dilakukan oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke 41 Tahun.

Salah satu kegiatan puncak acara Hari Bakti Rimbawan yakni dengan melaksanakan kegiatan upacara bersama di halaman kantor Dishut Provinsi Kalteng, Senin (18/3/2024).

Kepala Dinas Kehutanan Prov.Kalteng, H. Agustan Saining, diwawancarai usai kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan dilakukan sebelumnya yakni seperti bakti sosial, olahraga, kegiatan pembersihan lingkungan dan kegiatan lainya.

“Pada hari Bakti Rimbawan ini saya tekankan pentingnya mendukung FOLU Net Sink 2030 untuk menjaga hutan dan lingkungan serta mengurangi emisi karbon di Indonesia,” kata Agustan.

Lanjut Agustan, pemerintah indonesia akan mengambil bagian dalam perlindungan dan penyelamatan hutan dan lingkungan serta mengurangi emisi karbon di wilayah Indonesia.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kalteng, Sri Suwanto, bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang dibacakan, menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan pemanfaatan sumber daya alam bagi generasi mendatang.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merumuskan tujuan pengelolaan lingkungan dan kehutanan hingga 2045. Diantaranya meliputi upaya untuk menjadikan Indonesia net sink pada 2030.

Menguasai pasar dunia untuk produk hutan dan ekonomi sirkular pada 2035, dan menjadi negara yang berdaulat dalam pangan, energi, dan obat-obatan pada 2045.

“Diarahkan untuk kondisi lingkungan dan hutan yang sehat, untuk mendukung perikehidupan Indonesia sebagai negara yang maju dan mandiri,” Bebernya.

Dirinya juga mengajak semua pihak, termasuk korps rimbawan, pemerintah daerah, dunia usaha, dan aktivis sosial kemasyarakatan, untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

“Serta terus konsisten membangun bagi kemajuan pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” tutupnya.(a2)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/18/dukung-folu-net-sink-2030-melalui-perlindungan-hutan-dan-lingkungan/feed/ 0 61923
Pj Bupati Indra Gunawan Safari Ramdan ke Desa Kandris https://beritakalteng.com/2024/03/16/pj-bupati-indra-gunawan-safari-ramdan-ke-desa-kandris/ https://beritakalteng.com/2024/03/16/pj-bupati-indra-gunawan-safari-ramdan-ke-desa-kandris/#respond Sat, 16 Mar 2024 21:12:57 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61910

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan berserta jajaran hari ketiga mengawali kegiatan Safari ramdhan 1445 H atau tahun 2024 ke Desa Kandris Kecamatan Benua Lima.

Mengawali kata sambutan Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyampaikan bahwa safari ramdhan ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan umat beragama secara adil dan merata yang ada di pemerintahan Kabupaten Barito Timur.

Dirinya selaku Pejabat Bupati dapat secara langsung bertatap muka baik tokoh agama, masyarakat dan pengurus masjid.

“Sehingga akan terjalin silahturahmi yang baik antara pemerintah daerah dan masyarakat,” kata Indra Gunawan, Sabtu (16/3/2024).

Safari ramdhan ini merupakan wujud toleransi antara umat beragama yang ada di Kabupaten Barito Timur dalam mewujudkan tiga kerukunan umat beragama yaitu, kerukunan intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama, dan kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menguatkan komitmen dan kebersamaan bahwa Kabupaten Barito Timur adalah milik, kebanggan dan tanggung jawab bersama.

“Oleh karena itu, mari terus tingkatkan semangat dan pengabdian kita, memberi segenap kemampuan yang kita miliki sesuai dengan peran dan tanggung jawab kita masing-masing. Insya Allah SWT akan memberikan jalan yang mulia bagi kita untuk mewujudkan Kabupaten Barito Timur yang penuh berkah,” ujarnya.

Sekali lagi Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyampaikan atas nama pribadi, keluarga dan Pemkab mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa tahun 1445 H 2024 M.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memperbarui semangat dan kecintaan kita kepada Allah SWT, mari sucikan hati dan persiapkan diri. Semoga ibadah puasa kita mampu menjadikan kita sebagai hamba terbaik di hadapan Allah SWT, amin ya rabbal alamin,” demikian. (ags)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/16/pj-bupati-indra-gunawan-safari-ramdan-ke-desa-kandris/feed/ 0 61910
Program Optimalisasi Lahan Rawa Masuk Tahapan Perencanaan https://beritakalteng.com/2024/03/16/program-optimalisasi-lahan-rawa-masuk-tahapan-perencanaan/ https://beritakalteng.com/2024/03/16/program-optimalisasi-lahan-rawa-masuk-tahapan-perencanaan/#respond Sat, 16 Mar 2024 15:41:38 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61916 PALANGKARAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Kick Off Optimalisasi Lahan Rawa Tahun 2024, yang diselenggarakan di Simpang Jalan Rey 8 Mentaren II, Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (16/03/2024).

“Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas dukungannya dalam menjadikan Provinsi Kalteng sebagai Lumbung Pangan Nasional melalui program Upaya Khusus (Upsus) Optimalisasi Lahan Rawa,” kata Edy.

Untuk mendapatkan alokasi kegiatan Upsus Optimalisasi Lawan Rawa 2024 seluas 81.088 ha yang tersebar di sepuluh kabupaten yaitu Barito Selatan seluas 500 ha, Barito Utara seluas 350 ha.

Barito Timur seluas 2.000 ha, Kapuas seluas 51.000 ha, Pulang Pisau seluas 15.462 ha, Kotawaringin Barat seluas 145 ha, Kotawaringin Timur seluas 4.216 ha, Seruyan seluas 2.473 ha, Katingan seluas 4.842 ha, dan Gunung Mas seluas 100 ha.

Selain itu, untuk mendapatkan alokasi kegiatan perluasan area tanam melalui pompanisasi seluas 22.060 ha.

“Program Tumpang Sisip/Tusip antara sawit dengan padi gogo seluas 16.562 ha, yang tersebar di sembilan kabupaten yaitu Kotawaringin Barat seluas 2.155 ha, Kotawaringin Timur seluas 3.489 ha.

Kapuas 521 ha, Barito Utara 2.149 ha, Sukamara seluas 2.456 ha, Lamandau seluas 2.138 ha, Seruyan seluas 721 ha, Pulang Pisau seluas 2.509 ha, dan Palangka Raya seluas 424 ha,” tambahnya.

Dia  juga mengukapkan bahwa pelaksanaan kegiatan Upsus Optimalisasi Lahan Rawa di Kalimantan Tengah dimulai dengan tahap perencanaan yang melibatkan Survei Investigasi Desain (SID).

Dilakukan oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan dilanjutkan dengan kegiatan kontruksi berupa perbaikan infrastruktur pengairan di lahan usaha tani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Pulang Pisau, Godfridson,  sangat penting bagi Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk memantau apakah kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana.

Ini merupakan wujud dari respons pemerintah terhadap aspirasi dan usulan masyarakat petani untuk normalisasi.

“Ya, untuk pengelolaan saluran oleh pemerintah pusat memang penting untuk memastikan penggunaan lahan yang belum maksimal bisa dimaksimalkan. Terima kasih telah menyampaikan informasi tersebut dari sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Dia juga menambahkan harapannya ke depan, diharapkan adanya dukungan yang berkelanjutan dari pemerintah pusat dan provinsi untuk Kabupaten Pulang dalam hal bantuan yang diperlukan.

“Benar sekali, kolaborasi antara pusat, provinsi, dan kabupaten sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(Ngel)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/16/program-optimalisasi-lahan-rawa-masuk-tahapan-perencanaan/feed/ 0 61916
UMPR Open Recruitment Tenaga Pendidik https://beritakalteng.com/2024/03/16/umpr-open-recruitment-tenaga-pendidik/ https://beritakalteng.com/2024/03/16/umpr-open-recruitment-tenaga-pendidik/#respond Sat, 16 Mar 2024 14:20:47 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61913
Foto – Syarat lengkap ketentuan recruitment tenaga pendidik di UMPR

BERITAKALTENG. com – Palangka Raya – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) membuka peluang karier untuk tenaga pendidik atau recruitment dosen Tahun 2024.

Recruitment tenaga pendidik tersebut tidak lain sebagai upaya untuk terus memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pendaftaran rekrutmen dosen dibuka pada 1 April 2024 bulan depan dengan kualifikasi yakni program studi S1 Fisioterapi, program studi S1 Gizi,
program studi S1 Kesehatan Masyarakat; program studi D4 Manajemen Informasi Kesehatan, serta program studi D4 Keperawatan Anestesiologi.

Bagi yang berminat, diminta untuk menyiapkan persyaratan administrasi, antara lain, scan KTP, scan ijazah dan transkrip nilai , scan ijazah spesialis (bagi Dokter), CV, dan can sertifikat pendukung lainnya (jika ada).

Adapun untuk informasi Lebih lanjut, pelamar dapat menghubungi kontak person Apt. Guntur Satrio Pratomo, S.Farm., M.Si (0821 5139 9963) dan Novianto Eko Wibowo.S.Sos., M.A.P
(0821 4833 5127).(Njel)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/16/umpr-open-recruitment-tenaga-pendidik/feed/ 0 61913
Asisten II Pimpin Safari Ramdhan di Masjid Besar Ampah https://beritakalteng.com/2024/03/15/asisten-ii-pimpin-safari-ramdhan-di-masjid-besar-ampah/ https://beritakalteng.com/2024/03/15/asisten-ii-pimpin-safari-ramdhan-di-masjid-besar-ampah/#respond Fri, 15 Mar 2024 20:12:54 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61902

Foto : Asisten II Kabupaten Barito Timur, Amrullah.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Pejabat Bupati Barito Timur yang diwakili Asisten II Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur, Amrullah didampingi Camat Dusun Tengah berbuka puasa bersama dengan masyarakat Kecamatan Dusun Tengah, Jumat (15/3/2024).

Asisten II Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Amrullah mengajak semua masyarakat untuk mengisi ramdhan dengan berbagai amal kebaikan.

Untuk itu, masyarakat diharapkan meramaikan masjid dan mensunah kan sholat wajib lima waktu serta melaksanakan sholat sunat tarwaih dan witir pada bulan Ramadhan ini.

Amrullah mengharapkan agar umat islam memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak amal dan membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan.

“Malam ini merupakan malam ke-4 Ramadhan, karena bulan ini merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat islam,” demikian. (ags)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/15/asisten-ii-pimpin-safari-ramdhan-di-masjid-besar-ampah/feed/ 0 61902
RS Doris Sylvanus Akui Bayi Meninggal Usai Operasi Adalah Resiko Medis https://beritakalteng.com/2024/03/15/rs-doris-sylvanus-akui-bayi-meninggal-usai-operasi-adalah-resiko-medis/ https://beritakalteng.com/2024/03/15/rs-doris-sylvanus-akui-bayi-meninggal-usai-operasi-adalah-resiko-medis/#respond Fri, 15 Mar 2024 19:08:56 +0000 https://beritakalteng.com/?p=61906 PALANGKARAYA – Pihak keluarga Afner Juliwarno orang tua korban dari bayi yang meninggal dunia pasca operasi menadatangi langsung pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus, Jumat (15/3/2024) siang.

Pihak keluarga bersama dengan Penasehat Hukum (PH), Roy Sidabutar mempetanyakan alasan pihak rumah sakit melakukan pemotongan usus tampa berkoordinasi sebelumnya dengan orang tua si bayi.

Ironinya lagi, orang tua atau keluarga dari si bayi baru tau kalau usus bayi dipotong ketika bayi sudah meninggal dunia.

“kenapa usus si bayi dipotong? setua saya tidak boleh bayi umur sekian hari dipotong ususnya. pihak orang tua bayi mendapat informasi atau penjelasan pada tanggal 15 Januari 2024 bahwa ada dua tindakan yang seharusnya berselisih antara 3 sampai 6 bulan, kenapa dua tindaka ini dilakukan secara bersamaan?,” tanya Roy.

Pihaknya juga menegaskan bahwa sebelum bayi di rujuk, kodisi bayi ketika dilakukan penanganan di RS Muhammadiah, jatung bayi tidak ada masalah.

Namun menjadi petanyaan kembali ujar Roy menambahkan, kenapa usai dilakukan penanganan operasi di RS Doris Sylvanus, jantung si bayi berlubang atau bolong?.

“tolong kalau bisa nanti dijawab dengan data, jangan ngomong ngawur. Jika pernyataan kami keliru atau salah, pihak Doris bisa melakukan upaya hukum dan saya selaku PH keluarga akan menunggu pihak Doris melakukan upaya hukum itu,” bebernya.

Pihak RSUD Doris Sylvanus, menanggapi terkait kasus bayi berusia dua minggu yang meninggal dunia seusai dilakukan tindakan operasi.

Dr. Anto Fernando Abel, sebagai bagian dari tim dokter di RSUD menjelaskan bahwa tindakan operasi pemotongan usus pada bayi dilakukan atas pertimbangan dan konsultasi dari tim dokter yang saat itu menangani kasus tersebut.

“Semuanya sudah kita bahas tentang segala kemungkinannya, jadi apa yang terjadi pada bayi itu adalah resiko medis dari tindakan yang dilakukan pada saat itu dan kita juga sudah melakukan audit dengan ahli-ahli yang lain,” ucap Anto.

Pihaknya menjelaskan bahwa ketika usus dari sang bayi tidak lancar, maka akan mengakibatkan perut si bayi kembung dan kodisi tersebut akan menekan pernapasan si bayi sehingga dokter harus memutuskan apa yang harus dilakukan pada saat itu (operasi.red).

Terkait keputusan untuk tidak menempatkan bayi di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) setelah tindakan operasi merupakan hasil dari pertimbangan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit.

Hal ini dikarenakan setiap ruang di rumah sakit memiliki penanganan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien.

“Menunjukkan bahwa tidak semua pasien dengan kondisi yang berat atau serius akan masuk ke ruang NICU, karena penanganan dan perawatan di setiap ruangan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pasien. Jadi kita punya alasan kenapa tidak dimasukan ruagan tersebut,” tutupnya.(Ngel)

]]>
https://beritakalteng.com/2024/03/15/rs-doris-sylvanus-akui-bayi-meninggal-usai-operasi-adalah-resiko-medis/feed/ 0 61906