Puluhan Relawan Anti Narkoba Gunung Mas Ikut Bimtek P4GN-PN

Foto : Asisten I Setda Gumas Lurand sedang menyematkan tanda perserta kegiatan Bimtek di GPU Damang Batu, Senin (28/11/2022).

BERITAKATENG.COM, KUALA KURUN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Gumas menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terkait Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN) bagi Relawan Anti Narkoba diwilayah setempat.

Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Asisten I Lurand mengatakan, dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah. Hal itu, dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa.

“Karena itulah pemerintah sangat memberikan perhatian terhadap penanganan atas penyalahgunaan narkoba. Seperti kecenderungan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, bahkan tiap tahunnya terus mengalami peningkatan, hal ini mendorong kita melakukan melaksanakan Bimtek ini,” ucap Lurand saat membuka kegiatan, Senin (28/11/2022).

Selain itu, katanya, upaya antara lain melakukan usaha preventif atau pencegahan, melakukan penyembuhan terhadap masyarakat yang telah menjadi korban penyalahgunaan narkoba dan dukungan instansi vertikal dalam melakukan pemberantasan dengan mengungkap dan memutus jaringan peredaran gelap narkoba.

“Dengan adanya relawan anti narkoba di setiap desa, kelurahan dan kecamatan di wilayah Gumas, sebagai penguatan kompetensi bagi relawan-relawan ini, maka diharuskan untuk mengikuti Bimtek P4GN-PN yang nantinya dapat menjadi inisiator dan motivator,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Gumas Sugiarto menjelaskan, terkait adapun maksud dan tujuan kegiatan bimtek tentang relawan anti narkoba ini agar pada tingkat desa, kelurahan dan kecamatan tersedia tenaga sebagai penggerak penyebarluasan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dalam mendorong aktivitas pencegahan secara mandiri di tingkat desa, kelurahan hingga tingkat kecamatan.

“Untuk jumlah peserta kegiatan Bimtek ini sebanyak, 139 orang dan yang hadir sebagai relawan anti narkoba sebanyak 76 orang relawan, sedangkan narasumber dihadiri BNNP Kalteng, Satnarkoba Polres Gumas,” pungkas dia. (ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: