Willy Yoseph Dorong Dunia Pendidikan Kalteng Terus Berkembang

Foto : Dr.Ir.Willy M. Yoseph (kemeja batik merah.red) saat bersama peserta dan narasumber dalam pelatihan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mahasiswa, Senin (28/11/2022)

 

BERITAKALTENG.COM, Palangkaraya – Dalam rangka memberikan kesiapan diri bagi mahasiswa yang dalam waktu dekat ini akan menghadapi tugas-tugas akhir perguruan tinggi pada jenjang pendidikan Starata 1 (S1). Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mahasiswa, Senin (28/11/2022).

Pelatihan yang dilaksanakan di  di Gedung Golden Christian School Jl. Pangrango Palangkaraya. hadir sejumlah narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Pusat, dan ratusan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Palangkaraya ini, di prakarsai oleh Dr. Ir. Willy M Yoseph yang merupakan anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Kalimantan Tengah yang konsen dalam peningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Terima kasih kepada BRIN yang sudah memberikan pembelajaran kepada seluruh mahasiswa yang hadir dalam kegiatan. Pelatihan ini merupakan kegiatan kemitraan dan bagian dari usaha pihaknya dalam mendukung dunia pendidikan di Kalteng untuk terus berkembang dan memberikan dampak kemajuan bagi daerah,” kata Willy.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini, ujar Ketua Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional (ICDN) ini menambahkan yakni agar peserta mampu meningkatkan wawasan mengenai bagaimana membuat karya tulis yang dan sesuai dengan kaidah dan metodologi ilmiah yang baik dan benar.

Selain itu, fungsi lainnya menurut mantan Bupati Murung Raya ini yakni untuk mengintegrasikan berbagai ide, dan gagasan, serta menyajikan secara sistematis, hingga menyebarluaskan hasil penelitian atau temuan kepada publik.

Memberikan sumbangsih perluasan ilmu dan pengetahuan. Sebab, karya ilmiah yang sudah di dokumentasi atau di publikasi tentu akan lebih bernilai, terlebih yng berisi tentang penelitian. Serta sangat membantu bagi orang lain yang membutuhkan terlebih dalam masa belajar dan cari pengalaman untuk keberhasilan kita dalam mencari solusi untuk sebuah masalah.

Pimpinan BRIN, melalui Peneliti Ahli Madya BRIN, Ikhsan Guswenrivo menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu pertama untuk memberikan pengantar tentang penelitian ilmiah.

“diharapkan pemahaman tentang menentukan desain penelitian ilmiah, dan terakhir memberikan pemahaman dalam penulisan proposal dan katya tulis ilmiah,” kata Ikhsan dalam sambutannya.

Guru Besar Universitas Palangka Raya (UPR), Profesor Joni Bungai yang turut serta dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi hal tersebut, sehingga di rasa akan berdampak bagi para mahasiswa yang hadir.

“Kegiatan ini harus dimanfaatkan betul oleh para mahasiswa dalam menggali lebih dalam lagi ilmu yang dibagikan oleh para pemateri, sehingga benar – benar menambah wawasan kita dalam berkembang,” tutup Joni.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: