Persoalan Agraria Desa Kinipan Jadi Perhatian DPRD Kalteng

FOTO : Jajaran DPRD Provinsi Kalteng ketika berfoto bersama (Ist)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Persoalan konflik agraria yang terjadi di Desa Kinipan Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau menyedot berbagai perhatian dari sejumlah pihak, termasuk dari kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Atas persoalan yang terjadi antar warga Kinipan dengan salah satu perusahaan kelapa sawit yang beroprasional disana. DPRD Provinsi Kalteng yang dalam hal ini diwakili langsung oleh jajaran Komisi I dan Komisi II meninjau secara langsung kelapangan.

Hal ini bertujuan untuk mencari titik awal permasalahan sekaligus membantu mencari solusi agar masalah tersebut tidak berlarut-larut.

ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasihnya atas penyambutan Bupati Lamandau beserta jajaran, mengingat maksud dan tujuan para Legislator Kalteng datang secara langsung ke Lamandau untuk mencari solusi permasalahan konflik agraria di Kinipan.

“kita ucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Bupati Lamandau dan jajarannya. Kemudian maksud dan tujuan kami datang kesini adalah ingin mencari informasi seperti apa kronologis permasalahan di Kinipan,” ucap Lohing Simon, selasa (2/9/2020)

Dilain pihak, Bupati Kabupaten Lamandau, H. Henda Lesmana menjelaskan, masalah konflik Agraria antara masyarakat dan Perusahaan, telah ada sejak tahun 2012.

“Memang pada dasarnya, pro dan kontra tentu tidak bisa kita hindari dan saat ini, apa yang saya sampaikan kepada DPRD Kalteng, tidak hanya hanya berdasarkan satu sudut pandang dan kita juga sudah mengirimkan kronologisnya untuk di pelajari ke Provinsi dengan tembusan langsung ke Presiden, terkait awal mula kronoligis konflik Agraria yang diketahui setelah ada sejak tahun 2012,” Ucap Hendra Lesmana.

Hendra juga mengaku prihatin atas insiden konflik agraria yang terjadi saat ini diwilayah Kinipan, sehingga dengan kedatangannya DPRD Provinsi Kalteng, diharapkan dapat membantu mencari solusi, guna mencegah agar masalah ini tidak berbuntut panjang.

“tentunya kedatangan rekan-rekan dari DPRD Provinsi, sangat kita sambut dan sangat besar harapan kita agar kedatangan DPRD Kalteng dapat membantu mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: