FOTO : Pj Bupati Katingan Saiful, saat melantik Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir.

Dunes B.Gasan Dilantik sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir Periode 2024-2030

BERITKALTENG.COM – KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, melantik Dunes B. Gasan sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, periode 2024-2030.

Prosesi pelantikan di Aula Bappedalitbang Kabupaten Katingan, Kamis 23 Maret 2024 tersebut dihadiri Sekda Katingan Pransang, sejumlah Kepala SOPD, Camat, Lurah serta Kepala Desa dan tamu undangan yang hadir.

“Saya mengingatkan kepada Dunes B.Gasan untuk bersikap dan berperilaku bijak, sehingga tidak ada pihak-pihak yang merasa tersisih dan ditinggalkan. Dengan berbekal hal itu maka harus bisa mengupayakan untuk menciptakan suasana wilayah yang aman kondusif,” jelas Pj Bupati Katingan.

Sehingga menurutnya dalam hal ini pelayanan kepada masyarakat, sebagai Kepala Damang Kepala Adat juga harus dapat bertindak seadil-adilnya sesuai dengan sumpah yang baru saja ucapkan.

Kemudian untuk memperhatikan tugas dan tanggung jawabnya, diharapkan kedudukan Damang Kepala Adat sebagai mitra” Camat dalam bidang pemberdayaan, pelestarian, pengembangan adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan masyarakat dan lembaga adat serta hukum adat di wilayahnya tidak menjadi surut akibat terbatasnya sarana dan prasarana maupun insentif yang diberikan oleh pemerintah kabupaten katingan.

“Sedangkan untuk tugas pokok dan fungsinya, Damang Kepala Adat dibantu oleh kerapatan mantir adat perdamaian adat atau let adat tingkat Kecamatan dan tingkat Desa/Kelurahan,”ungkapnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: