Ratusan Mahasiswa UPR Mendapat Pengetahuan Tentang Pengembangan Kewirausahan

PALANGKARAYA – Kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang dilaksanakan di Universitas Palangka Raya (UPR) selama dua hari sejak 21 Maret sampai 22 Maret 2024 mendapat antusias cukup tinggi dari mahasiswa.

Kegiatan yang menghadirkan sekitar 100 perserta ini diinisiasi oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusiadan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPR.

Sejumlah narasumber berkompeten dibidangnya dihadirikan untuk memberikan masukan serta motivasinya dalam kegiatan yang bertajuk Kewirausahaan Digital Dasar (KDD) tersebut.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Ahmad Seafulloh dari UPR, Elistia dari Eltibiz, Fery Setiawan dari UPR dan Dekan FISIP UPR, Bhayu Rhama, S.T.,  M.B.A., Ph.D.

Bhayu Rhama ketika diwawancarai menyampaikan bahwa salah satu tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang pengembangan kewirausahaan.

“Setidaknya sifat berwirausaha itu sudah ditanamkan sejak dini kepada mahasiswa meskipun kita tidak memaksa mereka untuk berwirausaha, tapi paling tidak mereka bisa mempunyai gambaran kedepan mau usaha apa,” kata Bhayu, di Aula Rahan Rektorat UPR, Kamis (21/3/2024)

Sifat wirausaha yang dimaksud disini kata Bhayu menambahkan yakni sifat tidak mudah menyerah, selalu semangat untuk terus berusaha serta mampu melihat peluang usaha.

Selain bisa membantu tugas-tugas dari para peserta notabene mahasiswa ini, peluang usaha yang dijalankan dapat memberikan profit bagi selama menjalani proses perkuliahan.

“Saya pribadi sudah bekerjasama dengan BPSDMP Kominfo sejak tahun 2021 lalu dan kita bersyukur khusus untuk Kominfo dengan FISIP UPR akan mengadakan kelas pelatihan untuk 300 mahasiswa selesai bulan ramadhan ini,” bebernya menambahkan.

Dengan adanya kelas pelatihan ini lanjut Asesor Muda Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Ini lebih dalam lagi, secara tidak langsung memberikan banyak ilmu kepada mahasiswa.

Pasalnya ilmu diperoleh didapat langsung dari para praktisi sehingga dinilai sangat bagus dalam mengembangkan softskill mahasiswa tentang wirausaha, bagaimana mengembangkan usaha melalui platfrom media sosial dan lainnya.

“Termasuk peserta diajarkan bagaimana memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga mimpi untuk melakukan usaha sudah mulai tercipta dari sekarang, bukan mimpi karena kepepet ga ada kerjaan,” pungkasnya.

Disisi lain, Kehumasan BPSDMP-Kominfo Banjarmasin, Rachma Ainun Nikmah mengatakan kegiatan pelatihan ini salah satunya bertujuan untuk meng-up skill di bidang digital, khususnya dalam hal ini untuk pemanfaatan platform media sosial untuk kewirausahaan.

“Output yang diinginkan dalam kegiatan ini adalah bagaimana mengubah pola pikir mahasiswa, untuk tidak selalu berpikir setelah lulus menjadi ASN, tapi juga membuka suatu usaha sekaligus pula diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan,”tutup Ainun.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: