Dewan Kota Dorong Pemda Gencar Kenalkan Budaya dan Adat

Foto : Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto

 

BERITAKALTENG.COM, Palangka Raya – Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya agar lebih gencar lagi dalam memperkenalkan seni budaya dan adat.

“Kalteng pada umumnya dan Kota Palangka Raya pada khususnya, memiliki seni budaya dan adat yang beragam. Karenanya perlu lebih dikenalkan secara luas,”ungkap Sigit, Rabu (14/12/2022), di Palangka Raya.

Sigit mencontohkan adanya budaya ritual mamapas lewu, yang merupakan kegiatan ritual tahunan dari Pemko Palangka Raya, sebagai upaya membersihkan kota dari roh – roh jahat dalam rangka menyongsong tahun baru.

“Pada ritual ini sangat tinggi sekali makna dan nilai filosopinya. Kelebihan ini yang perlu terus dikenalkan secara luas,” ucapnya.

Terlepas dari itu ujar Sigit, untuk memperkenalkan budaya dan adat, maka perlu adanya peran dari Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi teknisnya. Terutama dalam mensosialisasikan dan mengenalkan budaya dan adat kepada masyarakat luas.

Lebih lanjut pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPD PDI-P Kalteng ini menjelaskan, budaya dan adat di Kota Palangka Raya cukup unik serta bagus. Baik dari sudut pandang ritual adat, maupun kesenian tarian – tarian, musik dan syair (karungut).

Namun demikian, perlu adanya program – program dari pemerintah daerah dalam hal membudayakan masyarakat, atau menanamkan nilai – nilai budaya dan adat kepada masyarakat, khususnya kepada kaum milenial atau anak muda.

“Maka itulah seluruh elemen masyarakat di Kota Palangka Raya, harus melek lagi dalam hal seni budaya dan adat yang ada,”pungkas Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini.(ae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: