Temuan Reses Dapil II Kalteng, Penyaluran Bansos di Seruyan Dihentikan Sementara Waktu

FOTO : Anggota Komisi I DPRD Kalteng, Irawati SPd.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) khususnya untuk warga yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang disalurkan melalui Bank Kalteng, untuk wilayah Kabupaten Seruyan, dihentikan sementara waktu. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Anggota Komisi I DPRD Kalteng, Irawati SPd.

Dikatakan oleh Srikandi PDI-P Kalteng ini, persoalan tersebut didapat saat pihaknya melakukan reses kelompok pimpinan/anggota DPRD Kalteng ke daerah pemilihan (dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan, pada pekan lalu.

Irawati mengungkapkan, mengingat reses kelompok yang dilakukan kali ini di tengah pandemi COVID-19, maka pihaknya lebih menyoroti penyaluran bansos yang bersumber dari pemerintah provinsi.

“Dimana, yang menjadi inti maksud dan tujuan reses kelompok kali ini, ialah lebih pada data-data calon penerima bansos dari pemerintah provinsi,” Ucap Irawati, Jumat (12/6/2020).

Lebih lanjut, Dikatakan Wakil Rakyat dapil Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan ini, berdasarkan temuan lapangan, pihaknya menemukan adanya data yang tumpang tindih, sehingga menimbulkan carut marutnya data.

“Berdasarkan keterangan dari pemerintah setempat, kepada kami, pada awalnya data calon penerima bansos, dihimpun dari sejumlah dinas terkait, diantaranya Dinas Sosial, Dinas UMKM, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata dan beberapa sumber lainnya, yang dilakukan masing-masing,” Jelasnya.

Pada awalnya dilakukan seperti itu, namun nyatanya terjadi tumpang tindih data. Yang maksudnya, sambung Irawati menjelaskan, misalnya seseorang telah terdata di Dinas Sosial, juga terdata di Dinas Pertanian dan juga terdata di Dinas Pariwisata setempat.

Sehingga timbul lah tumpang tindihnya data calon penerima bansos yang bersumber dari Pemprov Kalteng. Untuk itu, maka selanjutnya Pemerintah Kabupaten Seruyan, pada akhirnya telah menyepakati, berkenaan dengan pendataan, dilakukan melalui satu pintu, yakni hanya melalui Dinas Sosial setempat saja.

Setelah itu juga, Kata Irawati, pihaknya kemudian melanjutkan kunjungan ke Bank Kalteng yang ada di Kabupaten Seruyan. Disana, pihaknya berupaya mengkonfirmasi perihal tersebut.

“Saat di sana, berdasarkan keterangan dari Bank Kalteng di Seruyan bahwa bansos dari Pemprov Kalteng, yang disalurkan melalui Bank Kalteng, bagi warga setempat, untuk sementara waktu dihentikan sementara waktu, sambil menunggu data diverifikasi dan divalidasi oleh RT/RW setempat,” Imbuhnya.

Ditambahkah Sekretaris Kelompok Reses dapil Kalteng II, jadi ini lah beberapa temuan, saat pihaknya melakukan reses kelompok ke dapil Kalteng II. Sebagai tindaklanjutnya, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Untuk sekedar diketahui, adapun anggota Legislator Kalteng yang melakukan reses kelompok ada 9 orang, tapi sebenarnya ada 10 orang, karena berhubung kali ini bapak Artaban sedang berhalangan, maka reses dilakukan hanya oleh 9 orang saja.

Pimpinan dan anggota Reses Kelompok dapil Kalteng II, yakni diantaranya Ketua Jainudin Karim (Fraksi Gerindra), Sekretaris Irawati SPd (Fraksi PDIP), Fajar Hariady (Fraksi PKB), Fery Khaidir (Fraksi PDIP), Sudarsono (Fraksi Golkar), Sinar Kamala (Fraksi Golkar), Toga Hamonangan Nadeak (Fraksi Partai NasDem), Rizki Amalia Darwan Ali (Fraksi GP4H) dan Yeni Maria Marselina Kahta (Fraksi Partai Demokrat). (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: