FOTO : Ketua KPU Kabupaten Katingan Wahyuni, saat pelaksanaan pelantikan 106 Pantarlih Kecamatan Katingan Hilir.

Sebelum Terjun Ke Lapangan, Pantarlih KPU Katingan Sudah Diberikan Bimtek

BERITAKALTENG.com – KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan akan melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitian atau gerakan Coklit Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak mulai tanggal 24 Juni 2024.

Coklit data pemilih dilakukan oleh 469 Petugas Pemutakhiran Data Pemilihan (Pantarlih) pada 13 wilayah Kecamatan di Kabupaten Katingan yaitu selama kurang lebih 1 bulan, mulai 24 Juni – 25 Juli 2024.

“Coklit ini Sesuai Instruksi KPU RI untuk dilaksanakan serentak hari ini di seluruh Indonesia. Untuk hari pertama, setiap petugas akan melakukan Coklit untuk lima Kepala Keluarga. Kami berharap dalam waktu kerja tugas Pantarlih ini, semua pemilih yang mempunyai hak pilih itu memang benar-benar kita sediakan haknya,” jelas Ketua KPU Kabupaten Katingan Wahyuni, saat pelaksanaan pelantikan 106 Pantarlih khusus wilayah Kecamatan Katingan Hilir, dihalaman kantor KPU setempat, Senin 24 Juni 2024.

Bahkan tanggal 23 kemaren, KPU sudah melaksanakan Bimbingan Teknis kepada semua Pantarlih. Sehingga dalam melaksanakan tugas dilapangan sudah menguasai apa-apa yang mereka kerjakan. Karena sudah dibekali dengan Ropi, Topi dan juga buku panduan dan ATK untuk digunakan saat melaksanakan tugas Coklit kepada masyarakat Kabupaten Katingan.

“Sementara dari total 469 Pantarlih akan ditempatkan pada 303 Tempat Pemunggutan Suara saat Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Katingan pada 27 November 2024 nantinya,” ucapnya.

Kemudian, apabila pada satu TPS berjumlah lebih dari 400 Pemilih, maka akan ada dua orang Pantarlih yang akan bertugas. Sebaliknya, apabila Pemilih dibawah 400 pada satu TPS, maka akan ada satu petugas Pantarlih.

Ketua KPU mengatakan sesuai dari data DP4 ada sebanyak 125 ribu Pemilih. Terkait target hasil Coklit nanti, kemungkinan besar dari jumlah itu diperkirakan menyusut dikisaran jumlah 115-130 ribu Pemilih yang didapat. Sebab data DPT di Pemilu terakhir kemaren berjumlah 124 ribu Pemilih,” ungkapnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: