FOTO : Pj Bupati Katingan Saiful, saat melantikan kepengurusan LPTQ Kabupaten Katingan masa bakti 2024-2028.

Pengurus LPTQ Katingan Masa Bakti 2024-2028 Resmi Dilantik

BERITAKALTENG.com – KASONGAN – Kepengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Katingan masa bakti 2024-2028, resmi dilantik Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, Kamis 4 Juli 2024.

Prosesi pelantikan di aula gedung LPTQ setempat tersebut, Kabul Mustiman masih dipercaya sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Katingan. Kemudian sebagai Sekretaris Moh. Kariansyah dan Bendahara Setyo Wahono Abrori.

“Kita berharap kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Katingan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah,” jelas Saiful.

Dirinya percaya bahwa dalam kepengurusan LPTQ ini adalah orang-orang yang bisa mewadahi dan memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengembangan Tilawatil Qur’an. Karena LPTQ dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an melalui penerjemah, penafsiran, pengkajian dan kalsifikasi ayat-ayat.

“Sehingga dengan diberikannya amanah kepada pengurus yang baru ini, diharapkan agar bisa melaksanakan tugas yang sudah di dharma bakti dalam pengembangan pembinaan Tilawatil Qur’an di Kabupaten Katingan,” ucapnya.

Selain itu, Saiful meminta kepada pengurus segera membangun hubungan yang baik dengan pihak Kementerian Agama dan organisasi muslim lainnya seperti Muhammadiyah maupun tokoh agama serta pihak terkait lainnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Katingan Kabul Mustiman, mengatakan LPTQ memiliki tugas dan fungsi yang cukup banyak. Setiap tahunnya pengurus selalu melaksanakan tugas melalui program-program dengan sebaik mungkin.

“Harapan saya, untuk kedepan kita tetap menjalin kerjasama yang baik untuk bisa mengayuh LPTQ dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya,” jelas Kabul Mustiman.

Dia mengatakan LPTQ memiliki struktur dari tingkat Pusat sampai Daerah. Demikian juga dengan kegiatannya pembinaan yang dilakukan dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan tingkat Pusat.

“Kegiatan pembinaan seperti seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis setiap dua tahun sekali dilaksanakan. Dalam pelaksanaan pembinaan sudah pernah dilakukan serta mengalami. Pengembangan yang baik di Kabupaten Katingan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, dengan terbentuknya kepengurusan yang baru ini. Diharapkan bisa melakukan kembali penataan berbagai program kegiatan pembinaan untuk bisa mengikuti berbagai event dari tingkat Provinsi hingga tingkat Pusat nantinya.

“Tahun anggaran 2024, LPTQ Katingan kembali mendapat anggaran dana hibah Pemerintah Daerah Rp.500 juta. Anggaran ini, akan kami gunakan seefektif mungkin untuk persiapan pelaksanaan berbagai pembinaam dan kegiatan lainnya di tingkat Kabupaten sampai Nasional,”pungkasnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: