Cegas Sebaran Covid-19, Pegawai Bidang Pelayanan BKD Jalani Rapid Test

FOTO : Istimewa

Beritakalteng.com, SAMPIT – Cegah Sebaran Covid-19, khsusunya terhadap pegawai yang berpotensi berinteraksi langsung memberikan palayana, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan rapid test terhadap pegawainya.

“Setiap hari ada sekitar 30-40 ASN yang datang ke kantor BKD. Padahal sebelumnya kami sudah buat surat edaran bahwa pelayanan melalui oline akan tetapi masih banyak ASN berurusan dengan mendatangi kantor BKD,” ungkap Kepala BKD Kotim Alang Arianto, Kamis (23/4/2020).

Alang mengungkapkan, tujuan dari rapid test ini sebagai antispasi jangan sampai pegawai BKD terpapar virus tersebut dalam melayani ASN.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, di lingkungan BKD Kotim telah disediakan bilik disinfektan, cairan cuci tangan.

“Mudah-mudahan semua dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit,” jelasnya menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim Faisal N Cahyanto mengungkapkan, rapid test bertujuan agar bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah.

Faisal membeberkan, rapid test penting dilakukan untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Covid-19. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus. Dengan kata lain, bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus.(dro/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: