Ini Oleh-Oleh Menteri Pertanian RI Ke Pemprov Kalteng

BeritaKalteng, PALANGKA RAYA- Dalam rangka percepatan peluasan lahan untuk pengembangan pertanian padi organik seluas 300 ribu Hektar di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kementrian Pertanian RI, Amran Sulaiman beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja selama 2 hari sekaligus melakukan koordinasi pangan senin (13/11).

Koordinasi pangan yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng ini, hadir juga Anggota DPR RI Hamdani, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, jajaran Furkompinda Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan jajaran Instansi terkait.

Mentari Pertanian RI, Amran Sulaiman dalam sambutanya menyampaikan, ditahun kedua Pemerintah Presiden RI Jokowi Dodo, Pemerintah RI sudah swasembada beras. Kemudian ada bonus, dulu kita inport Jagung 3,5 juta ton dari Negara Argentina dan Amerika tiap tahun bakan meningkat 4 juta ton pertahunya.

“Dan sekarang ini Inport kita nol, bahkan kita sudah bikspor ke luar, cabe sudah stabil. Setelah melakukan kunjungan ke Vietnam, Malaysia, Filipina ada oleh-oleh buat Kalimantan Tengah yakni Malaysia menginginkan jagung Indonesia dengan total 3 juta ton dengan nilai Rp.12 Triliun.” jelas Amran Sulaiman.

Ia juga menginformasikan BUMN milik Malaysia berencana akan berinvestasi ke Indonesia dan menyasar lahan pasang surut seperti lahan ada di Wilayah Kalimantan Tengah yang memiliki lahan begitu luas. Dan ini sudah dimulai melalui Kalimantan Barat pertama kali ekspor beras ke Malaysia.

Mengenai persoalan alih fungsi lahan baik itu hutan produksi, hutan lindung dan lain sebagainya, sehingga batasan-batasan bisa ditentukan. Dirinya setuju dengan istilah “lahan diciptakan untuk manusia”. Dan ini akan didiskusikan secara khsusu dengan Pimpinan Daerah di 13 Kabupaten dan 1 Kota se Kalteng.

Bahkan dirinya berkeingaian Kalteng dapat menyiapkan lahan tanam untuk jagung mencapai 100 ribu Ha, 300 ribu untuk padi organik, dan lahan untuk sapi seluas 100 ribu.” kita sudah siapkan bibitnya tinggal berapa kebutuhan yang diinginkan” paparnya menambahakan.

Disamping itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ketika diwawancarai, dengan tegas menyampaikan dari lahan 300 ribu Ha yang sudah dipersiapkan sebelumnya yakni di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Palangka Raya, bersedia menyiapkan lahan tambahan seluas 300 ribu Ha.

“Intinya kita sudah menyiapkan lahan yang dibutuhkan untuk 300 ribu Ha, dan kita akan menambahkan 300 ribu Ha lagi jadi totalnya 600 ribu Ha, untuk tanam jagung, padi organik dan ternak sapi” tutup Sugianto sambil buru-buru meninggalkan awak media.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: