Program Ketapang Gaya Targetkan Pengembangan Komoditas Jagung Hibrida Seluas 75 Ha

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mulai tahun 2023 ini akan mengoptimalkan pelaksanaan program kemitraan ketahanan pangan Gunung Mas Jaya (Ketapang Gaya).

“Program Ketapang Gaya yakni program optimalisasi produksi pertanian melalui konsep kemitraan perbankan, dalam hal ini Bank Kalteng, dengan wadah Koperasi Sumber Pangan Gunung Mas yang menyediakan pendampingan profesional di bidangnya,” ujar Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, Kamis, (30/11/2023).

Dia melanjutkan. target pelaksanaan program Ketapang Gaya tahun 2023 yaitu pengembangan komoditas jagung hibrida seluas 75 hektare di Desa Tanjung Riu, Kecamatan Kurun dan Komoditas Tanaman Padi seluas 25 Ha di Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah.

Lebih lanjut kata Jaya, ada berbagai pihak yang terlibat dalam program Ketapang Gaya yang masing-masing stakeholder memiliki peran.

Seperti pemerintah daerah memfasilitasi pembersihan lahan (land clearing) dan mensubsidi bunga pinjaman petani yang akan melakukan pertanaman pada lokasi terpilih.

Kemudian, PT. Bank Kalteng, menyalurkan kredit pinjaman petani melalui mekanisasi program kredit produktif yang memungkinkan untuk dilakukan pembayaran setelah panen.

Lalu ada Koperasi Sumber Pangan Gunung Mas sebagai yang mewadahi petani/gabungan kelompok petani, akan melakukan pendampingan teknis profesional kepada petani untuk mencapai target produksi tertentu.

“Selain itu, ada pula petani yang mengalokasikan dan mengusahakan lahan pertaniannya dan diatur dalam perjanjian kerjasama,” tukas Jaya.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: