UPR Resmi Buka Tiga Program Studi Baru

PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) resmi membuka tiga program studi baru. Tiga program studi baru tersebut adalah Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Program Sarjana Terapan (D-IV), pada Fakultas Kedokteran, Program Studi Akuntansi Program Magister (S-2), dan Program Studi Ilmu Manajemen Program Doktoral (S-3) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd, mengatakan bahwa pembukaan program studi diatur melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 74/D/OT/2023 tentang izin pembukaan program studi Teknologi Laboratorium Medis Program Sarjana Terapan pada tanggal 21 Maret 2023.

“program studi yang akan beroperasi mulai semester ganjil pada tahun akademik 2023/2024 akan menargetkan menerima sebanyak 50 mahasiswa baru pertahun,” kata Prof. Syamsul, Jumat (05/5/2023)

Dijelaskanya, Program studi yang dalam kegiatan akademiknya akan didukung juga oleh tenaga pendidik Program Studi Pendidikan Dokter.

“Fakultas Kedokteran UPR diharapkan akan menjadi pilihan kedua selain program studi Pendidikan Dokter bagi orang tua ataupun masyarakat yang ingin putra dan putrinya melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan khususnya di Kalimantan Tengah,” bebernya.

Disisi lain, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Dr. Danes Jaya Negara, M.Si, menyampaikan, pembukaan program studi Studi Akuntansi Program Magister (S-2), dan Program Studi Ilmu Manajemen Program Doktoral (S-3) dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 382/E/O/2023 tentang izin pembukaan program studi Akuntansi Program Magister dan Nomor 353/E/O/2023 tentang izin  pembukaan program studi Ilmu Manajemen Program Doktor pada Universitas Palangka Raya.

“adanya pembukaan program studi ini dapat memberi alternatif kepada masyarakat Kalimantan Tengah yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister dan Doktor tanpa perlu jauh-jauh ke luar Kalimantan,” kata Prof. Danes.

Sementara itu, Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, menyampaikan apresiasi kepada Dekan Fakultas Kedokteran dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta jajarannya atas kerja keras dan pencapaiannya.

“ini merupakan komitmen Universitas Palangka Raya yang tertuang dalam Statuta UPR untuk terus mengembangkan dan memberi pelayanan maksimal sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi,”Kata Prof. Salampak.

Rektor berharap, dengan hadirnya tiga program studi baru ini dapat menjadi motivasi bagi Fakultas serta unit kerja lain yang ada di UPR dalam terus berinovasi, sehingga Universitas Palangka Raya dapat terus menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul dan mampu bersaing dan mampu beradaptasi serta bekerjasama dalam berbagai macam dinamika dunia kerja di masa depan tanpa melupakan karakter asli bangsa Indonesia.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: