Foto Bersama setelah acara pembukaan Rakorda penyusunan Road map Hilirisasi Investasi Strategis Sektor Perkebunan.

Peluang Investasi Strategis Sektor Perkebunan, Utamakan Pabrik Karet dan Pabrik Kelapa Dalam

Foto Bersama setelah acara pembukaan Rakorda penyusunan Road map Hilirisasi Investasi Strategis Sektor Perkebunan.

 

Beritakalteng.com, Palangka Raya – Kementerian Investasi/BKPM bekerja sama dengan KSO Sucofindo Indef Amythasyang melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Sektor Perkebunan Tahun Anggaran 2022.

Dalam hal ini, mewakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, yaitu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalteng, Sutoyo.

Rakorda tersebut berlangsung di Seruyan Grand Ballroom M Bahalap Hotel Palangka Raya, Kamis (08/09/2022).

Disampaikan Sutoyo bahwa tujuan dilaksanakannya Rakorda adalah untuk menyampaikan rencana penyusunan peta jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Tahun Anggaran 2022 kepada Pemerintah Daerah, Asosiasi dan Pelaku Usaha Daerah. Dalam rangka memperoleh data dan informasi terkait perkembangan industri hilir, yang mana hal tersebut telah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng, zona 1 Wilayah Barat (meliputi Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, dan Seruyan).

“Zona 1 tersebut diketahui memiliki potensi dan peluang yang dominan untuk pengembangan hilirisasi investasi strategis sektor perkebunan, terutama Pabrik turunan karet/ban dan pabrik turunan kelapa dalam yang secara turun temurun sudah dimiliki nenek moyang di Kalteng,” tutur Sutoyo.

Ditambahkannya, saat ini perlu adanya sinergi yang baik oleh semua pihak supaya terciptanya hilirisasi investasi yang strategis. Pada dasarnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Rakorda Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi.

“Untuk itu dalam kesempatan ini diharapkan adanya sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Asosiasi, dan Pelaku Usaha Daerah sebagai dasar dan acuan pelaksanaan proyek hilirisasi investasi yang strategis yang tidak mengesampingkan lingkungannya,” katanya.

Sutoyo juga mengharapkan agar Dinas/Badan terkait dapat memberikan masukan, data-data atau informasi yang berguna bagi Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Tahun Anggaran 2022.

“Demikian pula, Asosiasi dan Pelaku Usaha Daerah agar dapat memberikan informasi dan data-data yang detail terkait perkembangan industri hilir, sehingga pada akhirnya tersusun Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis di Provinsi Kalteng sebagai dasar dan acuan pelaksanaan proyek hilirisasi investasi yang strategis ke depan,” demikian Kepala DPMPTSP Provinsi Kalteng, Sutoyo. (rik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: