Puncak Perayaan HUT SPS ke 76 Digelar di Riau

 

 

BERITAKALTENG.com – JAKARTA – Menyambut usia ke-76 tahun, Serikat Perusahaan Pers (SPS) menggelar serangkaian kegiatan. Diawali dengan kick-off perayaan HUT dan silaturahmi insan pers-Dewan Pers di Hall Dewan Pers, Rabu, 8 Juni 2022.

Kemudian puncak kemeriahannya akan ditutup di Pekan Baru, Riau pada 5-6 Juli 2022 dengan mengusung tema besar ‘Kolaborasi Menuju Kebangkitan Ekonomi Indonesia’.

Tema besar ini diangkat karena SPS menilai pers akan runtuh jika bisnisnya tidak sehat. Maka kolaborasi antara perusahaan-perusahaan pers dengan keseluruhan entitas bisnis adalah keniscayaan. Pers yang sehat memiliki peran yang penting dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan kehidupan berdemokrasi.

“SPS berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang bersedia menjadi tuan rumah perayaan hari jadi kami ke-76. Sekaligus menjadi saksi kolaborasi pelaku bisnis pers dengan entitas bisnis lainnya. Di usia yang matang, kami para pelaku bisnis pers, harus bisa menjaga agar industri pers tetap hidup,” ujar Ketua Harian SPS Pusat, Januar P. Ruswita.

Pentingnya menjaga bisnis pers yang sehat juga mendapat dukungan penuh dari Ketua dan Anggota-Anggota Dewan Pers masa jabatan tahun 2022 – 2025.

“SPS menjadi tulang punggung negeri ini melalui perannya di pers. Karena kalau tidak ada perusahaannya, maka tidak akan ada pers. Tantangan besar dihadapi dan kita perlu merapatkan barisan,” ujar Ketua Dewan Pers, Prof. Azyumardi Azra.

Ketua Dewan Pers hadir dalam Kick-off 76 Tahun SPS sekaligus silaturahmi insan pers, didampingi Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya dan beberapa anggota Dewan Pers lain seperti Paulus Tri Agung Kristanto, Ninik Rahayu, Totok Suryanto dan Asmono Wikan.

Sementara Gubernur Riau melalui Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi yang hadir juga menegaskan komitmennya agar pers tetap eksis dan sehat.

“Di Riau, pak Gubernur memunculkan Pergub tentang kerja sama media. Hanya media yang sudah terverifikasi yang bisa bekerja sama. Ini penting diterapkan demi menjaga marwah teman-teman media,” ucapnya.

Pemprov Riau akan menjadi tuan rumah puncak rangkaian HUT ke-76 tahun SPS, tepatnya pada 5-6 Juli 2022. Ada beberapa kegiatan yang digelar di sana, antara lain media dan investment expo, dialog nasional, dan penobatan pemenang kompetisi Creative Journalism Challenges bagi masyarakat umum, Penghargaan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama, dan Media Brand Awards.

“Usaha bagus, ekonomi bangkit, media juga hidup. Kami akan membuat HUT ke-76 SPS berkesan dan bermakna untuk semua. Dari kami di Riau untuk kebaikan pers di Indonesia,” kata Khairul Amri, Ketua SPS Cabang Riau.

Tentang SPS

76 tahun silam, tepatnya 8 Juni 1946, tokoh-tokoh, pendiri perusahaan-perusahaan pers nasional berkumpul di Yogyakarta untuk mengikrarkan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS). Organisasi ini menjadi alat perjuangan dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia melalui pers.

Salah satu momentum terpenting SPS terjadi tahun 2011, saat Kongres di Bali. Di mana organisasi ini bertransformasi seiring perkembangan bisnis anggota-anggotanya. Menjadi bukan sekedar organisasi penerbit media cetak dan mengubah brand Serikat Penerbit Suratkabar menjadi Serikat Perusahaan Pers.

Saat ini SPS memiliki 30 cabang provinsi yang di seluruh Indonesia dengan lebih kurang 385 anggota perusahaan pers. Mayoritas berasal dari media cetak arus utama yang sudah mengembangkan bisnis persnya ke berbagai platform.

Sumber : SPS Pusat untuk BERITAKALTENG.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: