Penduduk GBA Yang Belum Tervaksinasi Covid-19 Sisa 18 Persen Dari Target

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Barsel, dr. Daryomo Sukiastono (kanan) dan Camat GBA, Yust Ellgoland (kiri) mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kapolda Kalteng, Minggu (3/10/2021).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Bertambah 1.500 orang yang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kapolda Kalimantan Tengah, Minggu (3/10/2021), kini jumlah penduduk di Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Kabupaten Barito Selatan yang telah tervaksin meningkat menjadi 52 persen.

Diungkapkan oleh Camat GBA, Yust Ellgoland, yang tadinya hanya warga di sembilan desa di wilayah kerja Puskesmas Tabak Kanilan saja yang diakomodir, namun dikarenakan adanya penambahan kuota yang diberikan oleh Polda Kalteng kepada GBA sebanyak 900 orang dari yang semula hanya 600 orang menjadi 1.500 orang, akhirnya vaksinasi Covid-19 juga diberikan kepada para warga di desa-desa yang berada di wilayah kerja Puskesmas Patas.

“Jadi kita fasilitasi juga warga-warga yang dari wilayah kerja Puskesmas Patas, ada yang dari Sungei Paken, dari Patas II dan beberapa desa lainnya,” bebernya di sela kegiatan Serbuan Batalyon Vaksinator Polda Kalteng, Guna Mewujudkan Kalteng Menuju Zona Hijau Covid-19, Minggu (3/10/2021).

Dengan adanya penambahan tersebut, kini di kecamatan yang berjarak sekitar 45 menit perjalanan darat dari Kota Buntok itu, hanya menyisakan 18 persen dari target sebanyak 70 persen dari total jumlah penduduk yang harus divaksinasi.

“Alhamdulillah antusias warga kita sangat tinggi, di GBA ini vaksinasinya sudah (mencapai) 52 persen, jadi harapan kita di bulan Oktober ini bisa 70 persen, tinggal 18 persen saja lagi,” terangnya.

“Ini adalah satu langkah percepatan menuju zona hijau, jadi harapan kita vaksinasi dari level 2 ke level 1 minimal bisa tercapai di bulan Oktober ini,” tutur Yust optimis.

Sementara itu, sebelumnya pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Barsel, dr. Daryomo Sukiastono, mengaku optimis khususnya di GBA akan segera bisa kembali ke zona hijau, dengan adanya antusiasme warga yang sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi Sars Cov 2 itu.

“Bisa dilihat, masyarakatnya antusias sekali ya terhadap kegiatan ini, 1.500 orang itu sangat luar biasa. Harapannya sih kekebalan kelompoknya bisa cepat terbentuk, khususnya untuk GBA ini bisa segera menuju zona hijau,” optimisnya.

Tidak lupa ia juga mengapresiasi sinergi diantara lintas sektoral, baik itu TNI, Polri dan pemerintah yang terus bahu-membahu melakukan gerakan pencegahan dan penanggulangan pandemi yang pertama kali merebak di Provinsi Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Saya sangat senang sekali dengan antisipasi yang dilakukan oleh lintas sektoral ini, baik itu TNI, Polri maupun pemerintah, terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 ini,” apresiasi pria yang akrab disapa Dokter Yomi ini.

“Mudah-mudahan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 khususnya di Barsel ini, bisa secepatnya mengakhiri pandemi dan menuju zona hijau,” harapnya.

Dalam kegiatan yang dipantau langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo itu, selain melakukan vaksinasi Covid-19, juga dilakukan penyerahan paket bantuan berupa sembako, kelengkapan sekolah dan suplemen bagi masyarakat, para pelajar dan tenaga kesehatan dari Kapolda dan beberapa perusahaan swasta yang ikut mendukung kegiatan.

Penyelenggaraan vaksinasi yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan GBA tersebut, diikuti oleh 1.500 orang peserta yang terdiri dari 1.050 orang dewasa dan 450 orang pelajar dari usia 12 tahun keatas.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: