Kesejahteraan Damang Perlu Diperhatikan

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H. Achmad Rasyid

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Peningkatan kesejahteraan Damang khususnya yang berada di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito menjadi salah satu aspirasi yang disampaikan warga kepada anggota DPRD Kalteng yang melaksanakan reses beberapa hari yang lalu.

Seperti yang disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H. Achmad Rasyid hal tersebut disampaikan oleh masyarakat ketika melaksanakan reses di dapil IV, meliputi Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya.

“Karena ada beberapa hal yang bisa diselesaikan oleh Damang melalui hukum Adat, tanpa harus melalui meja hijau. Oleh karenanya saya meminta agar stakeholder terkait untuk lebih memperhatikan kesejahteraan Damang,” kata Achmad Rasyid, Rabu (9/6/2021).

Disampaikannya, tanggung jawab Damang  meliputi satu wilayah Kecamatan, banyak hal yang biasanya dihadapi oleh Damang misalnya ada kasus sengketa tanah, kasus sengketa rumah tangga hingga kasus sengketa warisan.

Menurutnya, Damang juga tak jarang harus perlu turun ke lapangan. Mengingat luas wilayah antar satu kecamatan dengan yang lainnya berbeda. Oleh karenanya dia meminta agar hal yang menyangkut kesejahteraan Damang diperhatikan meliputi insentif, kendaraan operasional hingga kantor.

“Akan lebih bagus lagi kalau insentif Damang disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sesuai daerahnya masing-masing,” lanjut H. Achmad Rasyid.

Oleh karena dia itu dia berharap agar nantinya akan ada koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten, sehingga nantinya dalam melaksanakan tugasnya para Damang dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

“akan lebih bagus lagi kedepannya jika ada sharing antar Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Damang,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: