Dewan Kalteng Tinjau Langsung Konflik Agraria Desa Kinipan

FOTO : Ketua Komisi I DPRD Kalteng Y Freddy Ering

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – konflik agraria yang terjadi di Desa Kinipan, Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau selain menjadi perhatian serius kalangan masyarakat, juga menjadi atensi dari kalangan anggota DPRD Kalteng.

Hal ini dibuktikan dengan adanya keberangkatan sejumlah tim yang terdiri dari Pimpinan dan Anggota Komisi II yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) serta Komisi I yang membidangi masalah Pemerintahan, Hukum dan Anggaran akan bertolak ke Kinipan, Rabu (2/9/2020) pagi.

Ketua Komisi I DPRD Kalteng Y Freddy Ering membenarkan pihaknya akan berangkat ke Kinipan. Tim yang diturunkan berjumlah 9 orang, dengan 4 orang termasuk dirinya sendiri, H Muhajirin, H Sugiyarto dan Sirajul Rahman dari Komisi I.

“Kami akan turun ke lapangan meninjau permasalahan tersebut. Dari Komisi I ada 4 orang yang berangkat dan dari Komisi II ada 5 orang, kami akan berangkat besok, Rabu (2/9),” kata Freddy.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa keberangkatan tersebut untuk mengetahui titik masalah yang terjadi di lapangan dan akan berkoordinasi dengan beberapa pihak dalam peninjauan lapangan tersebut.

Karena sampai saat ini, DPRD Kalteng belum mengetahui secara persis masalah atau konflik yang terjadi antara masyarakat dan pihak perusahaan perkebunan tersebut.

“Untuk mengetahui di mana titik permasalahannya, karena itu kami dari Komisi I yang memahami tentang hukum serta Komisi II yang memahami perkebunan dan perizinan yang ditugaskan ke sana,” ujarnya menambahkan.

Dirinya berharap kelak ketika di sana, kami dapat menemukan permasalahannya agar konflik yang ada bisa segera diselesaikan dengan baik serta ada titik temu yang baik antara masyarakat dan pihak perusahaan, tanpa merugikan salah satu pihak.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: