Rektor UPR Dorong Pemerintah Berikan Stimulus ke Pelaku UMKM

FOTO : Rektor UPR Dr Andrie Elia Embang SE MSi,

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Rektor UPR dr Andrie Elia Embang, SE, MSi berpendapat pentingnya peran pemerintah untuk membantu dan memberikan stimulus kepada pelaku UMKM ditengah pandemi.

Hal ini disampaikannya usai menjadi salah satu pembicara di sebuah kegiatan na­sional dengan tema Peran UMKM Dalam Pemulihan Ekonomi di tengah Pandemi secara daring. Hadir ketika itu,  Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UMKM. Teten Masduki dan Kepala BNPB Letjend Doni Leonardo.

“UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian. Ditengah pandemi, sektor usaha UMKM sepi. Baik produktifitas dan pendapatan. Disini lah peran pe­merintah untuk hadir,” kata Elia, Selada (08/9/2020)

Peran penting UMKM dalam perekonomian nasi­onal mencerminkan, peran penting UMKM dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

“UMKM dapat menjadi garda terdepan dalam pencapaian pilar ekonomi SDGs dengan pencip­taan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis. UMKM menjadi prioritas memperoleh modal kerja agar mampu pulih dan kembali produktif,” katanya menambahkan.

Pemerintah menganggarkan penanganan Covid-19 untuk UMKM senilai Rp123,46 triliun. Juga berharap, mereka yang ter­gabung dalam ekosistem platform digital dapat mengakses dan mem­perolehnya.

Anggaran ini dialokasikan untuk subsidi bunga Rp 35,28 triliun, penempatan dana pemerintah un­tuk restrukturisasi Rp 78,78 triliun dan belanja imbal jasa penjaminan Rp 5 triliun.

Selanjutnya, penjaminan untuk modal kerja senilai Rp1 triliun, PPh Final UMKM ditanggung pemerintah Rp 2,4 triliun dan pem­biayaan investasi kepada koperasi melalui LPDB-KUMKM sebesar Rp1 triliun.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: