Target Rp.270 Miliar,  Pemda Kotim Diminta Evaluasi Kendala Sumber PAD

Foto : Ketua DPRD Kotim Dra. Rinie

Beritakalteng.com, SAMPIT- Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur menaroh harapan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan evaluasi terhadap kendala yang dihadapi selama ini dalam hal memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Harapan kita pemerintah daerah mengkaji ulang PAD untuk mengetahui apa yang menjadi kendala dan sektor mana saja yang saat ini pendapatanya belum tercover dengan baik supaya kedepannya PAD kita semakin membaik dan meningkat,” kata Ketua DPRD Kotim Dra. Rinie, Selasa (07/1)

Potensi PAD sampai saat ini menurutnya dinilai masih cukup besar. Hanya saja masih belum tergali secara maksimal, sehingga potensi yang ada masih sulit untuk di kembangkan menjadi suatu aset utuh nantinya.

“namun harapan kami PAD terus bisa meningkat agar bisa mendongkrak sumber pembiayaan pembangunan dikabupaten nantinya, karena memang sumbernya masih banyak bahkan baik industri maupun pertanian,” Ujarnya.

Dengan Target PAD tahun 2020 mencapai Rp. 270 Miliar, hal itu tentunya perlu dukungan semua pihak agar bisa tercapai dan bahkan melebihi target yang ada.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini juga meminta agar seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) menggali kembali potensi PAD di sektor masing-masing melalui kewenangan yang dimiliki.

Apabila ada kendala, diharapkan segera berkoodinasi dengan pejabat pembina atau dikonsultasikan dengan DPRD untuk bersama-sama mencari solusi.

Tentunya pihanya terus mendorong pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD melalui SOPD karena hal ini juga berkaitan dengan kemandirian dan kemampuan daerah.

Selain itu dia juga mengingatkan agar pemerintah daerah lebih selektif dalam menggunakan anggaran. Dan bahkan dia berharap dalam perencanaan pembangunan juga harus dilakukan kajian  secara matang, agar anggaran yang dikeluarkan bisa tepat sasaran.(So/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: