Perlu Pengadaan Mobil Damkar Tiap Kecamatan

TANGGAP : Tim Satgas Karhutla berupaya memadamkan kebakaran lahan.

beritakalteng.com – SAMPIT – Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhuta) yang menyebabkan kabut asap di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diharapkan tidak terjadi lagi tahun depan. Karenanya, pemerintah daerah harus lebih sigap untuk melakukan antisipasi sedini mungkin agar kasus serupa tidak terulang.

“Salah satu langkah awal adalah dengan pengadaan mobil pemadam kebakaran tiap kecamatan,” sebut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kbupaten Kotim, Handoyo J Wibowo.

Lanjut Handoyo, terutama bagi kecamatan yang sudah menjadi langganan titik api. Pengandaan mobil Damkar perlu dilakukan agar bisa menjadi solusi jika terjadi kebakaran hutan, selain itu juga juga untuk mengantisipasi kebakaran pemukiman. Karena mobil Damkar ini adanya hanya di kota aja, sedangkan  daerah kecamatan tidak memiliki mobil Damkar.

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan, selain mobil Damkar, pengadaan mesin alkon atau sejenisnya juga dianggap perlu. Karena jika tidak ada akses, masyarakat bisa menggunakan mesin alkon untuk menjangkau titik api, sehingga kebakaran tidak sampai meluas.

Sejauh ini, timpalnya, masyarakat hanya menggunakan cara tradisional ketika menjaga kebunnya dari api. Upaya itu dianggap kurang maksimal, terlebih jika api sudah besar dan meluas.

“Perlu diajukan ke pemerintah pusat untuk bantuan tingat kecamatan, hingga desa yang menjadi langganan karhutla. Kita yakin, pemerintah akan menyetujuinya,” pungkasnya. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: