Rektor UPR Himbau Mahasiswa asal Papua Jangan Sungkan Bergaul

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Dr Andrie Elia SE MSi menghimbau, agar mahasiswa asal papua yang berkuliah di UPR, jangan sungkan bergaul dengan mahasiswa dan masyarakat di Bumi Tambun Bungai, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini. Sebab, kita semua bersaudara.

Hal ini disampaikan Dr Andrie Elia, pada saat acara malam keakraban Himpunan Mahasiswa Papua (HMP) Kalteng, yang juga dihadiri, oleh Wakil Rektor UPR Bidang Hukum Organisasi SDM dan Kemahasiswaan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd, dan beberapa pejabat UPR lainnya, Bertempat di asrama Papua, komplek UPR, Jumat (27/09).

Dr Andrie yang juga sekarang menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini mengatakan, sekarang ini di era Revolusi Industri 4.0, kita tidak mungkin hidup sendiri atau mengelompok.

Karena, melalui pergaulan dan berinteraksi dengan masyarakat, akan mendapat pengalaman maupun informasi baru, serta pertemanan yang luas.

“Sebagai contoh, orang Dayak itu memiliki namanya Huma (rumah) Betang. Dimana, filosopinya mencerminkan bahwa Kalteng, adalah suatu daerah yang terbuka untuk siapa saja, tanpa membeda-bedakan suku agama dan ras,” kata Dr Andrie.

Dan, untuk bisa membangun dan mendiami rumah betang, diperlukan satu kerjasama yang baik, tanpa membeda-bedakan berbagai latarbelakang. Begitu juga, dalam membangun Indonesia ini, perlu adanya kerja sama yang baik, dari semua komponen masyarakat yang berasal dari Sabang sampai Marauke.

Tidak hanya itu, Dr Andrie juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Papua. Karena, telah mempercayakan UPR, sebagai tempat untuk putra-putrinya menimba ilmu.

Serta, kepada mahasiswa asal Papua yang berkuliah di UPR, diminta untuk terus meningkatkan kemampuan di bidang akademik maupun non akademik.

“Ayo semangat, datang ke Kalteng untuk menimba ilmu di UPR, sebanyak mungkin. Sehingga ketika pulang nanti, ilmu yang didapat selama berkuliah di UPR, bisa bermanfaat bagi pembangunan daerah asal, dan bangsa Indonesia,” tandas Andrie Elia.

Sementara itu, masih ditempat yang sama Ketua Panitia Malam Keakraban HMP Kalteng, Rivaldo Anari mengatakan, kegiatan ini merupakan program tahunan, yang rutin dilaksanakan.

“Sejumlah materi akan disampaikan dalam kegiatan ini, diantaranya adalah pengenalan lingkungan kampus, pengenalan adat dan istiadat setempat, tata cara bersosialisasi dan bersikap antar sesama, dengan yang lebih tua maupun yang muda,” ucap Rivaldo.

Adapun menjadi tema kegiatan ini, adalah “Membangun Persaudaraan Sebagai Awal Kemajuan Bersama”. Sedangkan sub tema “Melalui Kegiatan Malam Keakraban, Kita Jalin Persaudaraan dan Solidaritas Mahasiswa Papua”.

Kemudian disisi lain Wakil Ketua HMP Kalteng, Kianus Mirib menambahkan, sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Rektor dan Wakil Rektor UPR, yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan ini.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: