Faperta UPR Lepas 65 Mahasiswa Pemagangan 2019

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- sebanyak 65 mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya (Kehutanan Faperta UPR), melaksanakan program PKL (praktek kerja lapangan/magang).

Kegiatan PKL tersebut dilaksanakan di perusahan kayu hutan alam dan hutan tanaman industri, yang ada di sejumlah daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sebelum menuju lokasi magang, para mahasiswa yang mengikuti program PKL ini, dilepas dalam acara pelepasan mahasiswa PKL Jurusan Kehutanan Faperta UPR Tahun 2019.

Acara pelepasan bertempat di Kampus Jurusan Kehutanan Faperta UPR, yang dihadiri oleh peserta magang, perwakilan IUPHHK, perwakilan unsur pimpinan Jurusan Kehutanan.

perwakilan unsur pimpinan Faperta UPR, perwakilan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng, serta para tamu udangan lainnya.

Ketua penyelenggara PKL/Magang Jurusan Kehutanan Faperta UPR Tahun 2019, Dr Fuad Fauzi melaporkan bahwa kegiatan ini, diikuti oleh 65 orang mahasiswa yang berasal dari Jurusan Kehutanan Faperta UPR.

“Yang tentunya, sudah memenuhi syarat secara akademik, serta sebelumnya juga telah mendapatkan pembekalan, untuk mengikuti program ini. Ada 11 IUPHHK (Ijin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu) dan HTI (Hutan Tanaman Industri), yang menjadi tempat lokasi magang,” ujar Dr Fuad, jum’at (27/9).

Masih ditempat yang sama, Ketua Jurusan Kehutanan Faperta UPR, Dr Johanna Maria Rotinsulu menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban, yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa di Jurusan Kehutanan Faperta UPR, sebelum menyelesaikan studinya.

“Beban kuliah yang ditempuh sebesar 4 SKS, atau setara dengan waktu praktek di perusahan kayu selama 2 bulan. Dimana tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk mengimplentasikan, ilmu yang didapat dari bangku kuliah, serta mendapatkan tambahan ilmu kehutanan, yang diperoleh selama mahasiswa magang di lapangan,” jelas Dr Johanna.

Lebih lanjut, selama pemagangan, peran mahasiswa bukan sebagai evaluator, namun nantinya diharapkan para mahasiswa, melalui program ini, dapat menjadikan kesempatan tersebut, sebagai media pembelajaran lapangan, sebelum memasuki dunia kerja.

Sementara itu, disisi lain Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng Ir Sri Siswanto MS, yangmana pada kesempatan ini diwakili Kabid Perencanaan Dishut Kalteng Ir Agung Catur MP menyampaikan, tantangan kedepan di bidang kehutanan sangat lah besar.

Oleh sebab itu, dibutuhkan ketersediaan sumber daya manusia (sdm) yang handal, guna menghadapinya. Yangmana, salah satunya peran dari perguruan tinggi, seperti yang dilakukan oleh Jurusan Kehutanan Faperta UPR, yang melaksanakan kegiatan magang dalam rangka menyiapan SDM yang handal dan berkualitas.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami juga berpesan, agar para peserta magang harus memperhatikan, dan mentaati peraturan yang ada di perusahan. Tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih, atas kesediaan pihak APHI Kalteng, yang sudah memfasilitasi, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.”

“Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan, yang telah bersedia sekaligus mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, terutama bidang kehutanan, yang salah satunya diwujudkan menjadi tempat pelaksanaan magang bagi mahasiswa Jurusan Kehutanan UPR,” ujar Kabid Perencanaan Dishut Kalteng, mewakili Kepala Dishut Kalteng Ir Sri Siswanto MS.

Hal senada disampaikan oleh Dekan Faperta UPR, Ir Cakra Birawa MP yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dishut Kalteng dan APHI Kalteng, yang telah bersedia memfasilitasi, serta pula pihak perusahaan, yang telah berkenan menyediakan tempat pelaksanaan magang bagi mahasiswa Jurusan Kehutanan Faperta UPR Tahun 2019 ini.

Tidak lupa, Cakra juga mengingatkan kepada mahasiswa, yang mengikuti program PKL/Magang harus memperhatikan permasalahan kehutanan di lapangan sewaktu menjalani program magang, diharapkan pula, hasil tersebut dapat menjadi bahan penulisan skripsi.

“Kegiatan magang, merupakan peningkatan keterampilan, dalam bidang ilmu kehutanan yang diperoleh selama berada di lapangan. Selain itu, harapannya itu sebagai modal bekerja di masyarakat, khususnya pada bidang kehutanan,” tutup Dekan Faperta UPR Ir Cakra Birawa MP. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: