Hari Ini, Pesawat CN-295 Diberangkatkan ke Wilayah Utara Kalteng

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Pemerintah terus melakukan upaya penanganan karhutla diwilayah Kalteng. Pagi tadi sekitar 3 Helikopter untuk “Water Boombing” dikerahkan ke Kabupaten Pulang Pisau.

Adapun penerbangan pesawat CN-295 Milik TNI-AU untuk melakukan rekayasa cuaca atau hujan buatan diperkirakan akan dilakukan setiap harinya.

Koordinator Lapangan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Fikri menyampaikan hari ini awan wilayah bagian utara berpotensi untuk dilakukan penyemaian.

“CN-295 Milik TNI-AU kita datangkan langsung dari Pekan Baru menuju ke Palangka Raya, karena ada perintah langsung dari Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas” kata Fikri, rabu (18/9).

Untuk kondisi diwilayah Kalteng sendiri, pihanya terus melakukan pemantauan kondisi awan, terutama awan cumulus setiap harinya.

Baca Juga : Pesawat CN-295 Dikerahkan Buat Hujan Buatan di Kalteng

Sementara kondisi saat ini ujarnya menambahakan, masih terhalang asap. Tapi akan terus dilakukan pemantauan secara berkala.

“awan-awan yang kita semai adalah awan cumulus. Kemarin kita sudah melakukan kegiatan penerbangan ke wilayah Timur Banjarmasin dan Kotawaringin Timur (Sampit).” bebernya.

Sementara untuk kegiatan penyemaian hari ini berpotensi diwilayah bagian utara Kalteng. Dengan lama durasi terbang selama 4 jam dan peroses penyemaian selama 2 jam.

“CN-295 maksimal mampu membawa 2,4 ton bahan semai. Hari ini tersisa 1,5 ton dan hari ini akan datang lagi 10 ton” tutupnya.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: