Polres Bartim Sayembarakan Masyarakat Yang Melapor Pelaku Karhutla

 

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG-  Kabut asap yang menyelimuti wilayah Barito Timur dalam minggu terakhir dirasa sudah menganggu pernapasan dan jarak pandang. Polres Bartim Berkomitmen menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan (Karhutla)

Bahkan tidak tanggung-tanggung, jajaran Polres Bartim mengadakan sayembara berhadiah bagi masyarakat yang melaporkan pelaku karhutla diwilayahnya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy, karena dampak dari kabut asap cukup besar, sehingga pihaknya tidak ragu-ragu untuk melakukan penegakan hukum terhadap siapapun yang melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Dari hasil penelitian 90 % itu karena disebabkan oleh manusia, artinya ada unsur kesengajaan manusia untuk membakar dengan membuka lahan, tapi dengan cara yang murah yaitu dengan cara dibakar,” Zulham Effendy, selasa (17/9)

Penegakan hukum, ujarnya dimaksudkan agar ada efek jera terhadap pelaku pembakaran hutan atau lahan. Karena perbuatan yang dilakukan dampak sangat luar biasa.

Apabila ada kebakaran Polres Bartim bersama polsek dan seluruh pimpinan serta masyarakat yang ada diwilayah bartim, bahu-membahu untuk mempadamkan api.

Baca Juga : 2 Personil Polres Bartim Resmi Menempati Jabatan Baru

“Kita tidak hanya sebatas memadamkan api, tapi juga tangkap bagi pelakunya, karena itu kita mengadakan sayembara yang tujuan adalah untuk memberikan motivasi kepada masyarakat”

“yang ada disekitar lokasi atau yang mengetahui tentang terjadinya suatu pembakaran hutan dan lahan, tegas perwira berpangkat Dua Melatu tersebut.

Pihaknya dengan tegas menyampaikan, masyarakat yang melaporkan pelaku karhutla, disertai dengan foto dan video, serta identitas pelaku, akan berikan hadiah berupa uang.

“kita jamin rahasia identitas pelapor, jangan sampai nanti ada dampak setelah masyarakat yang melaporkan pelaku karhutla diitimidasi, masyarakat yang melaporkan akan kita lindungi, sesuai undang-undang untuk melindungi saksi dan korban.” paparnya menambahkan.

Akan kita pastikan identitasnya tidak akan terungkap dan kita akan berikan hadia itu sebagai wujud komitmen kami Polres Bartim untuk memberantas pelaku Karhutla.

Adanya sayembara tersebut katanya lebih dalam merupakan wujud komitmen Polres Bartim memberantas pelaku Karhutla. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar jangan melakukan Karhutla, apalagi saat sekarang ini, karena kabut asap cukup tebal diwilayah Bartim.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: