Diperkirakan Konsumsi Rumah Tangga Kalteng Kedepan Cendrung Menurun

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Ekonomi Kalteng dipengaruhi pada pertumbuhan seluruh komponen, baik itu komponen konsumsi rumah tangga, konsumsi Pemerintah, investasi, serta Ekspor dan Impor baik barang atau jasa.

Bulan Agustus 2019, Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang merupakan cerminan dari kondisi konsumsi masyarakat menujukan penurunan angka, dari 124,8 menjadi 117,42.

Kondisi menurunya konsumsi masyarakat Kalteng sejalan dengan penurunan jumlah perputaran uang melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah.

Dimana perputaran uang diperiode bulan Agustus 2019 tercatat sebesar Rp.1,33 Triliun atau mengalami penurunan bila dibandingkan diperiode Juli 2019 sebesar Rp.1,51 Triliun.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI, Kantor Perwakilan BI Kalteng, Setian menyampaikan bahwa perkembangan ekonomi Kalteng selalu dilihat dari sisi permintaan dan pengeluaran.

“dari sisi pengeluaran dilihat dari sektor lapangan usaha. Tapi dari sisi permintaan, dilihat dari konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, investasi, ekspor dan impor” kata Setian, selasa (10/9) di Kantor Perwakilan BI Kalteng Kota Palangka Raya.

Sehingga belum bisa dikatakan pertumbuhan ekonomi Kalteng menurun. Jika hanya dikaitkan atau dilihat dari komponen indeks konsumsi masyarakat Kalteng yang cendrung alami penurunan.

Hal tersebut ujar Setian menambahkan, tidak menutup kemungkinan dari komponen konsumsi pemeritah, investasi, ekspor dan impor mengalami peningkatan.

“dari hasil survei kita ini, dapat memberikan gambaran kalau konsumsi rumah tangga untuk Kalteng kedepanya cendrung menurun. Ini berpotensi menahan pertumbuhan ekonomi” bebernya lebih dalam.

Berdasarkan Release Bulanan Indikator Makro Periode Agustus 2019. BI mencatat, penurunan IKK sejalan dengan tren selama 3 tahun terakhir yang menunjukan penurunan pada bulan agustus dari bulan juli.

Indikasi pelemahan konsumsi tergambarkan dari angka Indeks Kondisi Ekonimi (IKE) dimana pada bulan Agustus 2019 terjadi penurunan dari 118,17 menjadi 113,33.

Penurunan angka IKE mencerminkan bahwa optimisme masyarakat Kalteng ada kondisi  ekonomi mengalami penurunan, sama halnya dengan IKK.

Penurunan juga terjadi pada komponen Indeks Ekspektasi Konsumsi (IEK) dimana tercatat pada bulan agustus 2019 sebesar 121,50 setelah pada bulan sebelumnya berada diangka 131,00

Penurunan tertinggi berada pada komponen perkiraan ketersedian lapangan kerja mendatang dan komponen kegiatan usaha mendatang.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: