Barut Siap Jadi Daerah Penyangga Sektor Pertanian Ibukota Negara

Beritakalteng.com, MUARA TEWEH- Bupati Kabupaten Barito Utara (Barut) Provinsi Kalimantan Tengah, H. Nadalsyah menyatakan kesiapannya untuk menjadi daerah penyangga Ibukota Negara Baru ada sektor Pertanian.

“Upaya itu, memang sebelumnya telah dilakukan, sebagaimana harapan kedepan, agar Barut yang bagian dari Provinsi Kalteng, dapat menjadi daerah penyangga, ketika itu lokasi IKBN diputuskan pindah ke Kalimantan. Baik itu di Kalteng ataupun di Kaltim.” kata H Nadalsyah, saat menghadiri rapat paripurna DPRD Kalteng, Rabu (28/8) di Palangka Raya.

Pasca Presiden RI, Ir. Jokowi menetapkan Kalimantan Timur sebagai Ibukota Negara RI baru. Pemerintah Daerah Barut sudah melakukan upaya peningkatan di berbagai sektor seperti infrastruktur jalan-jalan penghubung, baik dari Kalteng ke lokasi IKBN di Provinsi Kaltim, maupun sebaliknya.

Pemerintah Daerah Barut saat ini sedang melakukan pengembangan di berbagai sektor yang ada, seperti yang saat ini sedang giat-giatnya digalakan, adalah pengembangan sektor pertanian.

“Kenapa pertanian?, karena ketika nanti pembangunan sudah mulai dilakukan, maka kedepannya, dipastikan ada mobilisasi penduduk, terutama ASN dengan jumlah besar lokasi tersebut. Dan, tentunya juga itu pasti akan membutuhkan pasokan bahan pangan berskala besar,” ucapnya menambahkan.

Kabupaten Barut tidak seberapa jauh dengan lokasi IKBN di Kaltim, maka sudah sepatutnya lah mempersiapkan diri, melalui pengembangan sektor pertanian, guna memenuhi kebutuhan pangan penduduk IKBN kelak.

Selain sebagai penyangga, dirinya berharap melalui pengembangan sektor pertanian, dapat meningkatkan pererkonomian masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Barut.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: