Umat Hindu se Kabupaten Bartim Gelar Dialog Intern

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Dalam rangka mempererat tali silatuhrahmi dan rasa persaudaraan antar sesama umat hindu, yang dikabupaten Barito Timur.

Kantor Kementerian Agama setempat melaksanakan kegiatan dialog kerukunan intern umat Hindu, di Hotel Indra Jaya Tamiang Layang, Rabu (28/8).

Ketu panitia penyelenggara kegiatan dari  Kemenag Bartim Unai, SH dalam sambutannya mengatakan dikabupaten Bartim terdapat beberapa agama, adat istiadat dan kebudayaan yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

“Kerukunan sesama umat beragama yang harmonis  indah akan menjadi porak poranda dan menimbulkan penderitaan kehancuran, karena sifat manusia yang mudah serakah dan nafsu yang tidak terkendali,” katanya saat menyampaikan sambutannya, rabu (28/8) kemarin.

Dia menjelaskan akibat tidak adanya kerukunan baik antar umat beragama, maupun kerukunan intern, seringkali menimbulkan konflik di masyarakat.

Oleh sebab itu setiap pimpinan agama tokoh masyarakat tokoh adat dan seluruh komponen masyarakat lainnya maupun pemerintah berkewajiban mencegah  munculnya potensi konflik di lingkungan masing-masing. 

“Sehingga dapat dengan cepat mengatasi setiap potensi dan menjaga kerukunan sesama umat beragama dan antar umat agama lain melalui adanya dialog,”timpalnya.

Menurut Unai, perbedaan itu indah.   Bagaikan pelangi di angkasa menjadi sangat indah karena disusun oleh berbagai spektrum warna yang berbeda-beda atau sebuah taman yang ditumbuhi berbagai macam bunga aneka warna dan tumbuh bermacam-macam pohon dengan berbagai bentuk.

“Namun bila tidak rukun dan bercerai-berai maka akan menimbulkan kehancuran,”terangnya.

Kepala Kemenag Bartim H Harul Anwar dalam sambutan sekaligus arahannya  mengatakan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama sangt perlu dilakukan dialog, untuk menjaga indahnya perbedaan keyakinan dalam menekuk agama kepercayaan kemenag selalu memprioritaskan dialog.
 
“Dalam satu sisi bahwa dialog, baik intrern maupun antar umat beragama, merupakan salah satu kegiatan prioritas dari Kementerian Agama. Dicanangkan oleh menteri agama ada satu program yang disebut dengan moderasi beragama,”tukasnya.(ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: