Pemuda Pancasila Garda Terdepan Cegah Paham Radikalisme dan Intoleransi

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Kalimantan Tengah (MPW PP Kalteng), menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) III dan Pelantikan MPC Pemuda Pancasila Kota Palangka Raya, bertempat di Kalawa Convention Hall, Jalan Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kamis (15/08) siang tadi.

Turut hadir pula, Asisten I Setda Kota Palangka Raya Drs Murni D Djinu, Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Kalteng Rahmadi G Lentam, perwakilan Forkompinda dan SOPD Kota Palangka Raya, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pelantikan, Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kota Palangka Raya, periode 2019-2023, yang menempatkan kembali Axcel Narang sebagai Ketua MPC PP Kota Palangka Raya, Sekretaris Hengki Pramana Putra, Bendahara Janterfin Hutahuruk.

Dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Satuan Tugas Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Cabang Palangka Raya periode 2019-2022. Dengan susunan kepengurusan Ketua Lenock Suhadi, Sekretaris Perdianor, Bendahara Cindy.

Ketika dibincangi awak media, Ketua MPW PP Kalteng Rahmadi G Lentam SH MH menyampaikan, keberadaan Pemuda Pancasila, di tengah-tengah masyarakat,  memiliki peranan dalam menekan penyebarluasan paham radikalisme dan intoleransi di Kalteng.

“Dalam menekan penyebarluasan paham radikalisme dan intoleransi, tentunya tidak dapat sendiri-sendiri. Namun, itu hanya bisa dilakukan bersama-sama, yang melibatkan berbagai pihak, termasuk melalui peran para pemuda yang tergabung ke dalam Pemuda Pancasila,” katanya.

Dirinya juga mengatakan, ini artinya semua elemen bangsa harus berpartisipasi, dalam upaya pencegahan. Pertama kali, yang harus dilakukan yakni melalui pemahaman akan nilai-nilai Pancasila, sebagai satu-satunya ideologi Bangsa Indonesia.

“Dari sila pertama hingga sila kelima, itu harus dipahami betul. Tentunya, itu melalui kebersamaan dan sikap menjiwai nilai-nilai Pancasila. Kehadiran Pemuda Pancasila, adalah untuk mengawal hal itu,” terangnya.

Ditambahkannya, Pemuda Pancasila akan selalu mendukung, semua kebijakan pemerintah, terutama program-program yang bertujuan untuk mensejahterakn rakyat. Hal, ini dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, Pemuda Pancasila akan selalu mendukung program-program pemerintah. Karena, hukum yang tertinggi adalah untuk kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Ketua MPC PP Kota Palangka Raya yang menjabat kembali, Axcel Narang mengatakan, tentunya MPC Pemuda Pancasila Kota Palangka Raya ini, akan menjadi garda terdepan, untuk menjaga pilosofi dan ideologi Pancasila.

Dengan perkembangan jaman sekarang ini, terlebih lagi dengan adanya upaya yang dilakukan oleh sejumlah pihak, yang ingin menggoyangkan nilai-nilai pilosofi dan ideologi Pancasila, dengan berbagai paham radikalisme dan intoleransi.

“Tentunya, MPC Pemuda Pancasila akan menjadi garda terdepan, untuk menangkal paham radikalisme dan intoleransi di Kota Palangka Raya. Caranya bagaimana?, yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan-kegiatan sosial, yang berdampak positif lah.”

“Targetnya adalah para pelajar SMA dan mahasiswa, karena mengingat para pemuda-pemuda ini, kedepannya akan menjadi pemimpin masa depan. Hal itu, berkenaan dengan upaya untuk menyaring, apa yang menjadi ideologi bangsa kita,” tegasnya.

Kembali ditambahkannya, target pihaknya adalah remaja dan pemuda yang berumur di kisaran 18 hingga 25 tahun. mengingat ini kali kedua menahkodai MPC Pemuda Pancasila, Ia akan melakukan berbagai perombakan, termasuk struktur kepengurusan sebelumnya.

“Dimana, sebelumnya kepengurusan diisi oleh para pengurus-pengurus senior, dan sekarang akan diisi oleh para pengurus yang lebih muda dan energik. Hal itu dimaksudkan, agar adanya regenerasi di tubuh kepengurusan MPC Pemuda Pancasila Kota Palangka Raya,” pungkasnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: