PBS Diminta Ambil Peran Atasi Karhutla

Beritakalteng.com, SAMPIT- Sekertaris Komisi II DPRD Kotim Alexius Esliter meminta kepada setiap Perusahaan Besar Swasta (PBS) di Kotawaringin Timur untuk ambil perannya terkait bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang saat ini masih terjadi.

“Kita minta PBS turut ambil peran, setidaknya mengawasi setiap karyawannya dan memberikan bantuan kepada desa yang ada diwilayah operasionalnya terkait air bersih maupun alat penanggulangan kebakaran,” Pungkasnya Rabu (6/8).

Dia juga menekankan selama ini kebakaran hutan dan lahan rentan terjadi berdekatan dengan lokasi perkebunan kelapa sawit milik perusahaan hingga melebar sampai lahan-lahan kosong termasuk lahan milik masyarakat.

“Sering terjadi demikian, untuk itu perlu pengawasan ketat dari perusahaan masing-masing, terutama yang bergerak dibidang industri kelapa sawit yang sangat mudah dan rentan terbakar,” Jelasnya.

Disinggung terkait peran aktif perusahaan dalam memberikan kontribusinya baik bantuan dan lainnya, terutama yang beroperasi di daerah saat ini,Alexius tidak menampik masih belum ada perusahaan yang benar-benar bersinergi dengan daerah.

“Bersinergi artinya begini, ketik tidK diminta biasanya perusahaan tidak dengan suka rela membantu peran pemerintah atau menawarkan bantuannya, dalam bentuk apapun itu, untuk itu kami tekankan perusahaan punya kewajiban dalam hal ini tanpa harus diminta,”imbuhnya.

Alex juga mengharapkan agar pemerintah daerah bersikap tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang merugikan daerah dan masyarakat dalam hal programnya yang berkaitan dengan dasar perizinannya tersebut.

“Perusahaan berdiri dengan moto Dan program yang positif untuk masyarakat dimana dia beroperasi, sehingga pemerintah memberkan izin sebagau dasar operasionalnya, tetapi faktanya saat ini terbalik,” Tutupnya.(So/GK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: