Ekonomi Kalteng Triwulan II 2019 Tumbuh 7,67 Persen

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS Kalteng) mencatat angka pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan II tahun 2019, tumbuh sebesar 7,67 persen.

Hal ini, disampaikan langsung oleh Kepala BPS Kalteng Yomin Tofri, saat didampingi Kepala Bidang (Kabid) Nerwilis, Maria Wahyu Utami SSi, pada release Berita Resmi Statistik, yang terlaksana di ruang konfrensi Kantor BPS Kalteng, Senin (05/08).

Kepala BPS Kalteng Yomin Tofri mengatakan, perekonomian Kalteng, pada triwulan II tahun 2019, diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDRB), atas dasar harga berlaku mencapai angka 24.833,8 miliar rupiah.

Lebih lanjut, Yomin menerangkan, ekonomi Kalteng pada triwulan II tahun 2019, terhadap triwulan II tahun 2018 (y on y), mengalami pertumbuhan sebesar 7,67 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang tumbuh 16,11 persen, diikuti lapangan usaha admnistrasi pemerintahan.

Pertahanan dan Jaminan Sosial wajib12,35 persen dan Transportasi dan penggudangan sebesar 9,63 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan di dorong oleh semua komponen. Dimana, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen ekspor sebesar 12,28 persen.

Diikuti komponen pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga (lnprt), yang tumbuh sebesar 6,73 persen dan pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 4,92 persen.

Sementara itu, untuk ekonomi Kalteng pada triwulan II tahun 2019, terhadap triwulan I tahun 2019, tumbuh 0,38 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib yang tumbuh sebesar 11,04 persen.

Sedangkan, lapangan usaha pertambangan dan penggalian, konstruksi serta jasa keuangan mengalami kontraksi. Sementara, dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pengeluaran konsumsi pemerintah yang tumbuh 17,34 persen. Sedangkan, komponen ekspor mengalami kontraksi.

Pertumbuhan ekonomi Kalteng pada semester II tahun 2019 (c to c), tumbuh sebesar 6,85 persen. Hanya, lapangan usaha industri pengolahan yang mengalami kontraksi. Sementara, dari sisi pengeluaran pertumbuhan didorong oleh semua komponen. Pertumbuhan tertinggi dicapai komponen ekspor yang tumbuh 14,02 persen.

“Struktur ekonomi Kalteng, secara spasial pada triwulan II tahun 2019, masih didominasi oleh Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni sebesar 51,15 persen. Untuk Provinsi Kalteng, berada diurutan keempat, dengan kontribusi sebesar 11,60 persen,” tutup Kepala BPS Kalteng Yomin Tofri.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: