Januari 2019, Palangka Raya dan Sampit Alami Inflasi

BeritaKalteng.com, Palangka Raya- berdasarkan potret Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah, selama Januari 2019 berdasarkan kota inflasi seperti Kota Palangka Raya dan kota Sampit mengalami Inflasi.

Kepala BPS Kalteng, Yomin Tofri yang ketika itu didampingi Gatot Rusdyanto Kabit. Stat. Produksi menyampaikan, Terjadi inflasi di Palangka Raya 0,46 persen dan Sampit 0,34 persen.

Kedua kota tersebut menempati peringkat ke-30 dan ke-40 kota inflasi tertinggi di tingkat nasional. Dari 82 kota pantauan IHK nasional, 73 kota mengalami infiasi dan 9 kota mengalami deflasi.

Dirinya menambahkan, lnflasi di Palangka Raya terutama dipengaruhi oleh kenaikan indeks harga pada bahan makanan 1,32 persen serta makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,94 persen.

“Inflasi di Sampit terutama dipengaruhi oleh kenaikan indeks harga pada kelompok bahan makanan 2,21 persen.

Berdasarkan dua kota acuan, Provinsi Kalimantan Tengah mengalami inflasi (0,42 persen) yang diikuti oleh laju inflasi tahun kalender 0,42 persen dan inflasi tahun ke tahun 4,48 persen.

Komponen harga bergejolak (volatile foods) memiliki andil tertinggi terhadap tingkat inflasi di Palangka Raya 0,30 persen dan Sampit 0,56 persen.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: