Hari Sumpah Pemuda, IJTI Kalteng Gagas Diskusi Jejak Kiprah G.Obos

BeritaKalteng.com, Palangka Raya- Dalam rangka mengeksplorasi sejara masa lampau dari kiprah salah satu tokoh pemuda yang juga merupakan tokoh dayak asal Kalimantan Tengah (Kalteng) yakni George Obos (G.Obos).

Dengan maksud untuk merefresh semangat kaum milineal Kalteng agar semakin disiplin dan profesional terlebih lagi ketika berkiprah dalam berbagai bidang ditengah gelombang arus globalisasi.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalteng menggagas kegiatan diskusi Jejak G.Obos dengan menghadirkan sejumlah narasumber yakni JJ. Kusni Sulang salah satu Budayawan Kalteng, Teddy Toeweh keluarga G. Obos, dan Yadi Hendriana selaku Ketua Umum IJTI Pusat

Kegiatan diskusi yang rencananya dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 27 Oktober 2018 di Hotel Luwansa Kota Palangka Raya tersebut akan hadir sekitar lebih kurang 300 peserta dari seluruh elemen masyarakat di Kalteng.

Ketua IJTI Kalteng H. Tantawi Jauhari didampingi panitia pelaksana kegiatan saat menggelar konfransi pers menyampaikan, kegiatan diskusi yang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut momentum hari sumpah pemuda 28 Oktober.

“Sosok G.Obos adalah orang Kalteng yang menghadiri sumpah pemuda 28 Oktober 1928 waktu itu, dan saat itu beliau berusia sekitar 26 tahun. Kita berharap diskusi nantinya bisa berkembang” ujar Tantawi Kamis (25/10).

Dirinya menjelaksakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat dari Sumpah Pemuda, sekaligus membicarakan tentang potensi Kalteng kedepannya demi kemakmuran rakyat Kalteng.

Sekjen IJTI Kalteng Imam M. Mangkunegara menambahkan, kegiatan diskusi nantinya diawali dengan ritual tampung tawar tepatnya pukul 08:00 wib di Muara Jl. G. Obos dengan melibatkan tokoh adat.

“Ritual ini sebenarnya dimaksudkan untuk meminta izin kepada orang atau pendahulu kita yang mau kita bicarakan dalam diskusi nantinya. Kedua Kami punya niat yang nantinya disampaikan kepada Pemerintah Daerah, untuk membangun sebuah patung G.Obos sepertihalnya patung Tijilik Riwut” kata Imam menambahkan.

Kegiatan diskusi ujar Imam menambahkan direncanakan akan dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Tapi sebelumnya akan dibacakan terlebih dahulu Puisi Kembangsaan Jejak G.Obos, serta pemutaran obituary jejak G.Obos.

Dalam diskusi yang dilaksanakan juga diharapkan dapat menampung lebih banyak lagi informasi terkait jejak sosok G.Obos. IJTI Kalteng juga kedepan setelah kegiatan akan membuat sebuah buku tentang G.Obos dalam konteks kekinianya.

“diakhir acara, kami berharap ada rekomendasi-rekomendasi yang muncul dalam diskusi, nanti akan berkembang akan kita pilih dan dibacakan di akhir kegiatan. Rekomdasi tersebut merupakan hasil kesepakatan kita semua dan selanjutnya akan kita sampaikan kepada Pemerintah” tutupnya.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: