Tandatangani NPHD Bersama Polres dan Kodim Indra Gunawan Harap Pemilu 2024 Barito Timur Berjalan Lancar

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan bersama bersama forkopimda seusai melakukan penandatanganan NPHD.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur menandatangani Berita Acara Kesepakatan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Penandatanganan dilakukan Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan bersama Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela serta Kodim 1012 Buntok di aula Kantor Bupati Barito Timur.

Atas hal itu, Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan mengatakan pada hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dana pengamanan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2024-2029 dan perjanjian kerjasama BPJS ketenagakerjaan Ad HOC penyelenggaraan pemilu dan bawaslu Kabupaten Barito Timur.

“Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan atas suksesnya pelaksanaan pemilu 2024 di Kabupaten Barito Timur, walaupun masih dilakukan PSU (ulang) di TPS 03 Desa Tampa dan PSL (lanjutan) TPS 02 Desa Karang Langit,” kata Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, Jumat (23/2/2024).

Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyampaikan, berdasarkan data Desk Pemilu Kabupaten Barito Timur tingkat partisipasi pemilih mencapai 83,55 yaitu dari jumlah DPT 81.100 orang, yang hadir ke TPS dan menggunakan hak pilih sebanyak 67,757 orang.

“Ada peningkatan dari pemilu tahun 2019, namun kita menyadari masih ada keluhan pemilih yang masih belum bisa menggunakan hak pilihnya karena tidak masuk dalam DPT pemilu 2024 yang akan kita perbaiki pada pilkada serentak nantinya,” ujarnya.

Indra Gunawan menyebut, sesuai dengan ketentuan pasal 166 ayat (1) Undangan-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang.

“Pendanaan kegiatan pemilihan dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah, dan dapat didukung oleh Anggaran Pendapatan dan, Belanja. negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Ujar Pj Bupati, di tahun 2024 ini pemerintah telah dianggarkan sana untuk bantuan pengaman sebesar Rp. 5,5 Miliar untuk Polri dan TNI Rp. 3,5 Miliar.

“Penyaluran melalui mekanisme dana hibah daerah sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2023 tentang pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2024,” jelas Indra.

Lebih lanjut, untuk penggunaan anggaran nantinya sesuai dengan tahapan pilkada serentak tahun 2024 ini. Sebagaimana dijadwal yang sudah diatur dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

“Saya informasikan bahwa sesuai dengan jadwal pelaksanaan pemungutan suara pilkada serentak tahun 2024 , oleh karena itu, jauh-jauh hari kita persiapkan segala sesuatunya lebih awal dan pemerintah daerah Kabupaten Barito Timur akan mendukung sepenuhnya KPU dan Bawaslu Kabupaten Barito Timur pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2024-2029,” kata Indra Gunawan.

Indra Gunawan berharap dengan penandatanganan NPHD ini, Pemkab Barito Timur, Polres dan Kodim dapat berkolaborasi dengan baik untuk menyukseskan tahapan-tahapan pemilu yang ada di Barito Timur.

“Harapan kita bersama, dengan dana yang ada mampu membiayai seluruh kegiatan pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2024-2029, yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini. Sehingga bisa berjalan lancar dan sukses,” demikian, (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: