Program Praktisi Mengajar Angkatan II Tahun 2023 Libatkan UPR dan 245 Perguruan Tinggi se Indonesia

PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya, melalui Plt. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Drs. Darmae Nasir, M.Si., M.A., Ph.D didampingi oleh dan PIC Praktisi Mengajar Universitas Palangka Raya, Dr. Ir. R.Rr. Sri Endang Agustina Rahayuningsih, M.P,

hadir dalam kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Sumber Daya Kemendikbudristek dengan Pimpinan Perguruan Tinggi yang diikuti dengan Pembekalan Program Praktisi Mengajar Angkatan II Tahun 2023.

Kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini melibatkan Universitas Palangka Raya bersama 245 perguruan tinggi baik PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Akademik maupun Perguruan Tinggi Vokasi, bertempat di Hotel Horison Grand Serpong, Kota Tangerang, Provinsi Banten 

Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed, berharap program Praktisi Mengajar yang merupakan kolaborasi antara praktisi dan perguruan tinggi semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Kolaborasi ini akan melahirkan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang berkualitas. Praktisi Mengajar merupakan salah satu program transformasi Kampus Merdeka yang menghubungkan mahasiswa, praktisi, dan dosen melalui Kelas Kolaborasi karena Program Praktisi Mengajar memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi untuk berkolaborasi dengan dunia kerja, khususnya dalam penyelenggaraan pembelajaran yang praktis dan aplikatif,” Kata Effendi, Senin (15/5/2023).

Melalui program PM ini, diharapkan mahasiswa memperoleh ilmu dan pengetahuan praktisi yang relevan dengan yang diperlukan di dunia kerja dari para praktisi dari dunia birokrat, professional dan, dunia industri yang berpengalaman.

Pada Program Praktisi Mengajar Angkatan II Tahun 2023, Universitas Palangka Raya lolos dengan 39 kelas kolaborasi dan akan menghadirkan 41 praktisi.

Praktisi untuk mengajar di kelas-kelas pembelajaran berkolaborasi bersama 37 dosen yang lolos (dosen pengampu dan dosen parter) baik secara luring maupun daring di Universitas Palangka Raya.

Sebanyak 37 dosen (dosen pengampu dan dosen partner) dari tujuh fakultas juga lolos pada program ini yang akan akan mengajar berkolaborasi bersama praktisi, yaitu yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Pertanian (FAPERTA).

Program Praktisi Mengajar ini merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mendukung Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi khususnya IKU 4 yaitu praktisi mengajar di dalam kampus dan IKU 7 yaitu terjadinya kerjasama antara kampus dengan dunia industri.(a2) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: