Bupati Panen Jagung Bersama Warganya

Foto : Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas, menghadiri panen jagung di desa malintut.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas bersama jajarannya menghadiri kegiatan panen jagung di Desa Malintut Kecamatan Raren Batuah.

Kedatangan orang nomor satu di Pemerintahan Daerah bersama rombongan ini disambut hangat oleh Camat Raren Batuah, Kapolsek, Danramil, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Ketua Kelompok Tani serta warga masyarakat setempat.

Disampaikan bupati, dari hasil pertemuannya bersama kepala daerah seluruh Indonesia dengan Presiden terkait pengendalian inflasi.

“Bupati mengatakan salah satu yang menunjang inflasi adalah bahan pangan, karena itu bupati berharap masyarakat Tani lebih konsentrasi mengembangkan budidaya jagung, padi dan palawija lainnya serta budidaya ayam petelur dan ayam pedaging, karena usaha ini dianggap salah satu yang dapat membantu menekan inflasi,” kata Bupati, Minggu (22/1/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Lurikto, menjelaskan ketika dilakukan pengubinan saat panen jagung di Desa Malintut, diperkirakan setiap hektare lahan dapat menghasilkan panen 12 ton jagung tongkol.

Untuk luas tanam jagung di Kecamatan Raren Batuah pada musim tanam Oktober-Maret yaitu 85 hektare, sedangkan luas tanam total untuk Barito Timur sekitar 368 hektare.

Dia berharap, luas tanam jagung dapat terus ditingkatkan sambil mencoba menggarap potensi pengembangan tanaman kedelai di samping padi.

“Karena itu saya menghimbau kepada seluruh penyuluh pertanian untuk lebih giat lagi mendampingi petani sehingga dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi petani dan membantu menemukan solusinya,” harap Kadis.

Dengan kegiatan panen dan tanam jagung bersama, juga akan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para petani untuk terus mengelola lahannya dengan baik dan meningkatkan produktifitas dengan pemanfaatan. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: