Peran PMI Menjadi Sangat Sentral

FOTO : Pelaksanaan donor darah yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya belum lama ini.(Ist)

 

BERITAKALTENG.COM, Palangkaraya – Peran Palang Merah Indonesia (PMI) sejauh ini menjadi sangat sentral, mengingat keberadaannya erat kaitannya dengan ketersediaan stok darah.

Seperti yang disampaikan, Ketua Komisi C DPRD Kota Palangkaraya, M. Hasan Busyairi bahwa keberadaan PMI sejauh ini telah menjadi penjamin ketersediaan darah bagi mereka yang membutuhkan.

“Itu karena, setetes darah saja mampu menyelamatkan nyawa seseorang. Maka itu keberadaan PMI diibaratkan rumah dari stok darah,” ungkapnya, Minggu (22/1/2023).

Lebih lanjut Hasan yang juga merupakan pengurus PMI Kota Palangka Raya ini menyampaikan, sejauh ini PMI Palangka Raya telah berusaha semaksimal mungkin melayani masyarakat dalam hal kebutuhan darah.

karena ketersediaan transfusi darah sangat diperlukan dalam penanganan kesehatan seorang pasien. Baik itu transfusi darah untuk operasi ataupun untuk keperluan penanganan medis lainnya.

“Terlebih Kota Palangka Raya sendiri, dalam satu bulan kebutuhannya mencapai 1.500 kantong darah, sehingga memerlukan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk mendukung dan proaktif mendonorkan darahnya,”tutur Hasan.

Selebihnya legislator Partai Golkar ini menyampaikan, manfaat masyarakat berpartisipasi melakukan donor darah selain sehat, disisi lain darah yang didonorkan bermanfaat untuk orang lain.

Disampaikan, apabila setiap orang bisa melakukan kegiatan donor darah dalam setiap tahunnya, maka ketersediaan stok darah bisa dipastikan cukup aman untuk memenuhi kebutuhan sebuah kota.

“Tentu kita berharap PMI dapat maksimal. menjalankan program-program kemanusiaan. Karena itu dukungan masyarakat untuk berpartisipasi melakukan donor darah sangat menentukan ketersediaan stok darah,” pungkas Hasan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: