FOTO: Politisi Partai Demokrat yang juga selaku Wakil Ketua DPRD Kalteng, H. Jimmy Carter.

Peningkatan PAD Melalui Optimalisasi Kinerja BUMD

FOTO : Politisi Partai Demokrat yang juga selaku Wakil Ketua DPRD Kalteng, H. Jimmy Carter.

 

BERITAKALTENG.COM, Palangkaraya – Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Jimmy Carter meminta agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat lebih optimal,

Menurutnya, keberadaan BUMD sangat strategis berperan aktif membantu pemerintah daerah meningkatkan PAD. Sebab, PAD merupakan salah satu penopang anggaran untuk pembangunan berbagai sektor di provinsi ini.

“BUMD harus mampu optimal dalam upaya meningkatkan PAD, karena badan usaha ini didirikan yakni tujuannya untuk membantu pemerintah menghasilkan pendapatan daerah agar pembangunan bisa terus berjalan,”kata, Kamis (19/01/2023).

Lanjut Legislator dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Kalimantan Tengah ini mengatakan pada beberapa waktu lalu pihaknya ada melaksanakan kunjungan kerja ke BUMD PT Bangun Banua di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saya melihat bahwa BUMD tersebut sangat maju dan berkembang sebab memiliki banyak anak perusahaan, sehingga mampu memberikan PAD yang cukup besar untuk Provinsi Kalsel,” ucapnya lagi.

Dia juga berharap BUMD yang ada di Kalteng ini bisa mencontoh BUMD yang ada di Kalsel. Pasalnya, Kalteng sendiri juga memiliki BUMD yaitu PT Banama Tingang Makmur yang tentunya jika optimal dalam pengembanganya maka akan memberikan dampak positif bagi PAD Kalteng.

“Tidak ada salahnya kita mencontohkan BUMD yang ada diluar daerah, apalagi itu BUMD maju. Apa yang ada disana bisa menjadi refrensi BUMD daerah ini. Kita sangat berharap BUMD yang ada di provinsi ini bisa berbuat banyak untuk daerah terutama dalam rangka meningkatkan PAD,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: