BPD Diingatkan Agar Bisa Bekerjasama Dengan Pemerintah Desa

FOTO : Bupati Katingan Sakariyas, saat menyampaikan sambutan usai pelantikan BPD, di aula kantor Bappelitbang Katingan.

 

BERITAKALTENG.com – KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, mengingatkan kepada  seluruh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di Kabupaten Katingan agar bisa bekerjasama dengan Pemerintah Desa. Pasalnya, selama ini BPD diduga hanya menjadi tukang mengadu atau tukang lapor terhadap pihak desa saja.

“Artinya, mereka ini tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik sehingga mungkin tidak ada komunikasi dan kerjasama antara kepala desa dan BPD. BPD itu adalah anggota DPRnya Desa. Ingat, kepala desa itu tidak akan bisa menyusun APBDesnya tanpa BPD,”ungkap usai melantik Pj Kades bersama dengan BPD 7 wilayah Kecamatan, di aula kantor Bappelitbang Katingan, Kamis 29 Desember 2022.

Lanjutnya menjelaskan, bahwa dirinya mengetahui di Kabupaten Katingan ini ada Kepala Desa karena kalah pada Pilkades. Kemudian terpilih menjadi ketua BPD dan akhirnya tidak mau tanda tangan APBDes akibat sebelumnya tidak terpilih sebagai Kades.

“Oleh sebab itu, jangan ikut berkompetisi kalau tidak sanggup kalah. Begitu juga mereka (BPD) ini nanti pada saat Pilkades pasti ada yang ikut. Apabila kalah, jangan macam-macam. Kalau kalah ya kalah, kalau tidak sanggup jangan ikut,”pungkasnya.

BPD dari 7 Kecamatan yang dilantik tersebut Khusus Kecamatan Katingan Tengah yaitu anggota BPD Desa Tumbang Marak (Siswandy, Marjohdie, Ebit Khade, Supri, dan Rika Oktapia), anggota BPD Desa Petak Puti (Timang, Erdianto, Isna Sarniah, Joniadi, dan Supratman), anggota BPD Desa Batu Badinding (Depri, Herosonta Dafarianata, Degoe, Sinarsi, Deniati, Sabri, Jonei, Amanan, Desynatalia, dan Koriyana).

Kemudian, BPD Desa Luwuk Kiri Kecamatan Tasik Payawan (Muktajin), BPD Desa Tumbang Bemban Kecamatan Marikit (Riniyanti), BPD Desa Tumbang Karuei Kecamatan Bukit Raya (Elma Tiana, dan Yana), BPD Desa Tewang Papari Kecamatan Pulau Malan (Busra, Sopianor, Nurhidayah, Rahman, Ripi Mardani).

Selanjutnya, BPD Desa Tumbang Jiga Kecamatan Katingan Hulu (Haris Pajrianor),  BPD Desa Kampung Keramat Kecamatan Katingan Kuala (Nurhajijah dan Johansyah), PAW BPD Desa Singam Raya Kecamatan Katingan Kuala (Juliansyah Saptul Maimunah).

(AS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: