Kemunculan Buaya Besar di Sungai Cempaga, Warga Diminta Waspada

Kemunculan Buaya di Sungai Cempaga, Desa Cempaga Mulia Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis (15/9/2022) lalu. Foto: Tommy Barito

BERITAKALTENG.COM, SAMPIT –  Seekor buaya berukuran cukup besar terlihat di Sungai Cempaga, Desa Cempaga Mulia Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit meminta warga agar berhati-hati saat beraktivitas.

Peristiwa kemunculan buaya itu sempat diabadikan warga pada Kamis (15/09/2022) malam. Hal ini tentu membuat geger warga setempat.

“Warga harus lebih berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di sungai, jangan membuang bangkai binatang dan sampah rumah tangga ke sungai”, kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Selasa (20/09/2022).

“Usahakan jangan memelihara ternak di tepi atau di atas sungai, kami akan secepatnya ke Kecamatan Cempaga untuk berkoordinasi dengan pihak kecamatan,” ucapnya.

Camat Cempaga Muhammad Yamin bahkan telah mengingatkan kepada seluruh warganya terutama yang tinggal dipinggiran sungai agar lebih waspada.

“Apabila warga ingin ke lanting (rumah terapung) agar lebih hati-hati, kalau bisa dikurangi dulu sementara ini melakukan aktivitas disekitar pinggiran sungai”, kata Yamin.

“Saya juga mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, apalagi bangkai hewan jenis apa pun, karena kebiasaan itu akan menjadi pemicu datangnya buaya,” ujarnya.

Yamin mengatakan, telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit, agar dicarikan solusinya supaya predator dari era purbakala tersebut tidak lagi muncul ke wilayah pemukiman warga.(Tommy Barito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: