FOTO : Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing

Antisipasi Bencana Perlu Dilakukan Semua Pihak

FOTO : Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing berkeinginan kedepan kesiapan dari semua pihak tidak hanya dari masyarakat agar, dapat mengurangi dampak seminimal mungkin untuk antisipasi jika terjadinya bencana.

“bencana alam tentunya adalah salah satu hal yang tidak ingin dialami. Hanya saja hal tersebut tentunya tidak bisa diprediksi secara tepat, akan tetapi hal yang paling penting dilakukan adalah melakukan antisipasi,” kata Duwel, Sabtu (05/2/2022)

legislator DPRD Provinsi Kalteng dari dapil I Palangka Raya, Katingan, Gunung Mas berkeinginan kedepannya masyarakat dapat tanggap terhadap antisipasi dalam penanganan bencana.

“Kita harus mencari informasi, salah satunya adalah prakiraan cuaca, sehingga jangan sampai cuaca yang berubah-ubah itu, kita bisa menjadi korban. Karena itulah warga juga harus aktif mencari informasi terkait perkiraan cuaca,”ucap Duwel di ruang Komisi III DPRD Kalteng ini.

Mantan Bupati Katingan ini menambahkan bahwa seiring berjalannya waktu, diharapkan stakeholder terkait dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat agar dapat tanggap bencana. Hal tersebut lanjutnya sangat penting agar masyarakat dapat melakukan antisipasi jika terjadi bencana.

Terlebih lagi Peraturan Daerah (Perda) Kalteng tentang Penanggulangan Bencana telah selesai. Sehingga ucap dia, sudah menjadi tugas bersama agar Perda tersebut dapat disosialisasikan kepada masyarakat, agar kedepannya agar dapat beradaptasi.

“Misalkan jika terjadi banjir, masyarakat sudah tahu kemana tempat mengungsinya. Kemudian juga tahu lewat mana jalur evakuasi dan hal lainnya,” lanjut politisi PDI Perjuangan Kalteng tersebut.

Sehingga kedepannya menurut legislator DPRD Provinsi Kalteng dari dapil I Palangka Raya, Katingan, Gunung Mas ini juga diharapkan kesiapan dari semua pihak tidak hanya dari masyarakat agar, dapat mengurangi dampak seminimal mungkin untuk antisipasi jika terjadinya bencana.

Selain itu dia juga mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan, karena hal yang paling penting untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam adalah melakukan pencegahan dari awal.

“Selain itu kita tentunya harus bersama-sama, dari mulai sekarang untuk mengurangi aktivitas yang dapat merusak lingkungan. Jangan sampai akibat kesalahan kita saat ini, maka dampaknya dirasakan beberapa tahu kedepan,”pungkasnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: