Ketua Dewan Kalteng Siap Dukung Pembangunan Hindu Kaharingan Center

FOTO : Arto S Dohong beserta sejumlah tokoh agama hindu kaharingan beraudiensi dengan Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Jum’at (25/6/2021) pagi tadi

Beritakateng.com, PALANGKA RAYA – Adanya audiensi sekaligus silaturahmi dari sejumlah tokoh masyarakat agama hindu kaharingan ke Gedung DPRD Kalteng mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno.

“saya menyambut baik audiensi dari para tokoh agama hindu kaharingan. Intinya saya siap mendukung penuh aspirasi yang disampaikan terkait pembangunan hindu kaharingan center,” kata Wiyatno, Jum’at (25/6/2021).

Dirinya berharap, selain sebagai wadah tempat pelaksanaan ibadah bagi umat agama hindu kaharingan, pembangunan hindu kaharingan center di Kalteng, khususnya di Kota Palangka Raya, dapat menjadi wadah umat Hindu Kaharingan, dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Selama itu tujuannya baik dan untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng, kita siap mendukung aspirasi yang disampaikan masyarakat,” bebernya.

Disisi lain, Ketua Panitia Pembangunan Hindu Kaharingan Center, Arton S. Dohong ketika diwawancarai menyampaikan, tujuan diaksanakanya audiensi ke kantor DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), guna menjalin koordinasi terkait rencana pembangunan Hindu Kaharingan Center yang berada di Jalan Tambun Bungai, Palangka Raya.

“pembangunan tersebut bertujuan untuk menata serta memaksimalkan kembali lahan yang dimiliki oleh Hindu Kaharingan, agar dapat berfungsi lebih baik dari sebelumnya,” kata Arton.

Mantan Bupati Gunung Mas dua periode ini menambahkan, rencana pembangunan hindu kaharingan center di lahan sekitar 2 hektar tersebut akan dibangun aula serba guna, ruang pendidikan, tempat ibadah hingga asrama untuk para pelajar.

Lebih lanjut dijelaskan, usulan pembangunan tersebut juga muncul dari adanya usulan masyarakat Hindu Kaharingan, yang mengeluhkan terkait ruang ibadah yang tidak dapat menampung para umat Hindu Kaharingan pada saat melaksanakan ibadah.

Sehingga banyak masyarakat Hindu Kaharingan ini yang justru melaksanakan ibadah di luar Balai Hindu Kaharingan itu.

“Karena juga di sana itu kan penataannya kurang baik, untuk itu kita ingin memperbaiki sedikit demi sedikit. Apalagi kan itu berada di tengah kota,” bebernya.

Dirinya juga menjelaskan, rencana pembangunan hindu kaharingan center tersebut juga sudah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama.

“Sementara itu, untuk membangun gedung tersebut, diperkirakan memakan anggaran sebesar Rp 80 miliar. Pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, akan difokuskan ke pembangunan aula, dengan anggaran sebesar Rp 7 miliar rupiah,” bebernya lebih dalam.

Guna mendapatkan dukunhan dari Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng, pihaknya juga berencana akan melakukan audiensi dengan Gubernur Kalteng, untuk menyampaikan rencana pembangunan Hindu Kaharingan Center tersebut.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: