Bupati Buka Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Secara Virtual

foto : Bupati Bartim, Ampera AY Mebas Ketika membuka kegiatan Musrenbang secara daring

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengatakan, kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2021 ini, berbeda di tahun-tahun sebelumnya. Mengingat tahun 2021 ini penyebaran wabah pandemi Covid-19 masih merajalela.

“Hal ini dilakukan dalam rangka kita semua menjaga protokol kesehatan, yang salah satunya adalah mengurangi atau bahkan menghindari kerumunan demi mengurangi potensi penularan Covid-19. Yang sedang melanda dan hal lain yang perlu kita sikapi adalah rajin cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, tidak bersalaman dan jaga jarak,” ucap Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, Senin (8/2/2021).

Ampera A.Y Mebas menjelaskan, kegiatan Musrenbang dilaksanakan untuk mengakomodir aspirasi masyarakat, dimana hasil dari Musrenbang nantinya diharapkan dapat mengakomodasi sebagai besar usulan masyarakat, secara bertahap dan berkesinambungan.

“Nantinya akan tertuang di dalam Renja SOPD tahun 2021 nanti,” katanya.

Lebih lanjut Ampera A.Y Mebas menjelaskan, pelaksanaan Musrenbang tahun anggaran 2021, sudah menggunakan aplikasi e-musrenbang, dimana seluruh kecamatan akan menginput hasil Musrenbang desa baik secara online maupun offline.

“Sehingga kedepannya usulan Musrenbang desa maupun kecamatan yang tidak terakomodir tidak hilang begitu saja. Melainkan ada daftar prioritas dan daftar tunggu untuk program dan kegiatan nantinya dilaksanakan tahun depan,” ungkapnya.

Diketahui, dengan terbitnya Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi dan kodefikasi dan nomenklatur perencanaan, pembangunan dan keuangan daerah menyebabkan terjadinya perubahan pada kode rekening program dan kegiatan, serta nomenklatur urusan kabupaten.

“Sehingga aplikasi yang digunakan pun akan berubah dengan aplikasi yang sudah mengakomodir Permendagri no 90 tahun 2019,” ujarnya.

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengatakan, dari penyelenggaraan Musrenbang ini diharapkan akan terus diperbaiki dan menyempurnakan sistem perencanaan pembangunan untuk tahun-tahun yang akan datang.

Bupati menjelaskan, harus melibatkan unsur-unsur pengambil kebijakan tingkat kabupaten seperti Dinas, Badan, Unit Satuan Kerja dan anggota DPRD sesuai dapil masing-masing. Sebagai tenaga fasilitator Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2021.

“Hal ini dimaksud agar kita dapat mengetahui secara jelas apa yang menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan, pembangunan untuk masing-masing wilayah desa atau kelurahan dan kecamatan sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan keuangan daerah yang ada,” ucap bupati.

Dalam pembahasan bupati, khusus untuk program dan kegiatan pembangunan tahun 2022 nanti berdasarkan hasil Musrenbangdes atau kelurahan yang telah dilaksanakan masing-masing wilayah dengan mengacu pada.

“Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Barito Timur tahun 2018-2023. Diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM dan peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pembangunan ekonomi kerakyatan,” kata bupati.

“Peningkatan daya saing daerah dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan,” ucap bupati.

Sehubungan hal itu, sambungnya, dalam arah kebijakan tahun 2022 adalah pengembangan usaha pertanian, peningkatan produktivitas sektor perikanan, penumbuhan industri kecil dan menengah, pengembangan kawasan industri potensial, pengembangan infrastruktur dan akomodasi wisata di lingkungan desa atau kelurahan, peningkatan pengelolaan daerah atau objek wisata, optimalisasi sinergitas lintas sektoral dalam bidang kepariwisataan.

Masih kata Ampera A.Y Mebas, disamping itu juga peningkatan peranan koperasi dalam mendukung usaha masyarakat, peningkatan akses permodalan bagi masyarakat, optimalisasi akses permodalan bagi wirausahawan, peningkatan daya tarik investasi daerah, penciptaan lapangan kerja melalui bantuan modal usaha, peningkatan sara dan prasarana, peningkatan aksebilitas antar wilayah desa dan kecamatan, penerapan sistem pengawasan secara konsisten dan pembangunan fasilitas ruang terbuka publik yang refresentati.

“Selamat berdiskusi dan bermusyawarah, semoga apa yang kita laksanakan saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan,” pungkasnya.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: