Palangka Raya Bakal Miliki Mesin ADM

beritakalteng.com – PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, dalam waktu dekat ini bakal menghadirkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Keberadaan mesin ADM itu adalah sebagai bagian dari upaya untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), dengan sistem birokrasi yang lebih ringkas kepada masyarakat Kota Cantik Palangka Raya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Afendie mengungkapkan, mesin ADM tersebut di rencanakan ditempatkan di area kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palangka Raya Jalan Yos Sudarso.

“Rencana adanya ADM ini sudah dibicarakan dengan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin. Beliau menyambut baik, karena ini adalah salah satu upaya membangun pelayanan prima kepada masyarakat,” ungkapnya, Jumat (13/11/2020).

Dijelaskan Afendie, cara kerja mesin ADM hampir mirip dengan ATM. Hanya saja, mesin ADM mengeluarkan dokumen kependudukan berupa KTP-el, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian dan KIA (Kartu Identitas Anak).

“Sebelum mesin ADM ini dioperasikan pada saatnya nanti, maka terlebih dahulu tata cara penggunaannya akan disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat,” jelasnya.

“Sebagaimana layaknya mesin ATM perbankan, maka mesin ADM juga membutuhkan PIN untuk dapat mengoperasikannya. Setidaknya ditahun depan fasilitas pendukung adminitasi kependudukan ini dapat terwujud,” pungkas Afendie. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: