Dewan Kota Dorong Pemko Rancang Site Plan Khusus Jalur Pesepeda

FOTO: Legislator Muda yang juga Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Yudhi Karlianto Manan.

 

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Saat ini penggiat sepeda kian meningkat di Kota Palangka Raya. Namun aktivitas pesepeda ini tidak sedikit menyita perhatian publik.
Pasalnya, ada beberapa rombongan pesepeda tidak memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. Diantaranya, tidak sedikit dari mereka saat bersepeda mengambil hampir separuh badan jalan yang disediakan bagi pengguna kendaraan bermotor roda dua maupun empat.
Menanggapi kondisi demikian, Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Yudhi Karlianto Manan turut memberikan komentar dan masukan. Menurutnya untuk memecahkan permasalahan tersebut perlu adanya evaluasi secara bertahap.
Disisi lain, Dirinya juga menilai dengan meningkatnya minat masyarakat bersepeda ada sisi positifnya, yakni mengurangi emisi gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.
“Mungkin ada baiknya jika pemerintah kota (pemko) melalui dinas terkait nantinya dapat merancang site plan khusus atau ruas jalan mana yang dapat dilalui bagi jalur pesepeda. Masalahnya saya menilai, untuk jalan kota masih kurang begitu efektif dibangun jalur khusus untuk pesepeda, karena volume jalan yang masih terlalu kecil,” Ucap Yudhi, Senin (26/10/2020).
Sambung Politikus muda asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengakui, untuk menyediakan jalur khusus bagi para pesepeda, khususnya area kawasan kota perlu waktu yang cukup lama dan cakupan yang jauh mengingat penyediaannya memerlukan keputusan Walikota.
Lebih lanjut Yudhi kembali mengatakan, perlu masyarakat ketahui, pesepeda juga merupakan bagian dari lalu lintas. Sehingga pengguna sepeda juga wajib untuk mentaati tata tertib dan disiplin rambu lalu lintas yang ada.
“Kan, pesepeda juga bagian dari lalu lintas, jadi harus disiplin juga mengikuti rambu-rambu lalu lintas dan menghormati pengguna jalan lain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Mari sama-sama menjaga keselamatan saat berkendara atau beraktivitas di jalan raya,” Tutupnya. (YS)
TONTON JUGA BERITA VISUALNYA di
KALTENGNEWS TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: